Mbak Laksmi problemnya sama persis dengan saya. Anak saya Chandra (9 bl)
sejak umur 1 bulan juga kerjanya bolak-balik ke dokter karena pilek & batuk
sampai beberapa jadwal vaksinnya sempat tertunda. Makanya saya selalu sedia
obat puyer dari copy resep dokter (sudah disetujui oleh dokternya). Sampai
saat ini Chandra sudah dua kali inhalasi (tiga hari berturut2) dan dua kali
fisioterapi(empat hari dan dua hari berturut-turut) untuk pilek&batuknya.
Sedih betul rasanya melihat dia menderita begitu.

Dari beberapa dokter yang pernah periksa, semua sepakat kalau Chandra
alergi. Tapi tepatnya alergi apa belum bisa tahu karena tes alergi baru bisa
dilakukan setelah anak berumur 6 tahun. Kalau dilihat kecenderungannya sih
kelihatannya Chandra alergi dingin.

Sejak awal Chandra saya beri Copal untuk obat luarnya, karena pernah pake
Transpulmin nggak mempan, jadi oleh DSA saya diberi Copal tapi oleskannya
tipis-tipis saja. Alhamdulillah sampai saat ini Chandra bisa pakai Copal.
Trus obat yang sudah pasti langganan itu puyernya. Ryzen saya gunakan
apabila sudah tiga hari pake obat puyer tapi pileknya nggak sembuh. Biasanya
dosisnya 1 x 10 tetes (menurut DSA saya dosis berbeda2 tergantung berat
badan anak), lalu kalau disertai batuk juga diberi Bisolvon drops 1 x 10
tetes juga. Plus minumnya juga saya banyakin air jeruk

Tapi memang kalau bakat alergi, kita harus ekstra jaga karena si kecil jadi
sangat rentan. Kalau Chandra habis berenang, leher, dada, punggung, perut
dan telapak kaki saya olesi Copal, bukan minyak telon seperti biasanya dan
langsung saya beri susu hangat. Lalu tidurnya saya beri selimut dobel. Nanti
kalau dia mulai berkeringat, baru selimutnya saya lepas.
Kalau naik mobil juga AC saya alihkan supaya tidak mengarah ke dia, kadang2
kalau udara tidak panas, AC saya matikan. Setiap habis keramas, kepalanya
saya keringkan dengan handuk sampai kering betul dan kalau udara dingin saya
pakaikan baju dobel dan kaus kaki. Yang terpenting usahakan si kecil jauh
dari asap rokok dan debu halus seperti bedak talk, karena menurut DSA hal
itu juga berpengaruh.

Memang agak sulit ya, apalagi kalau cuacanya lagi nggak jelas seperti
sekarang. Bahkan saya jaga sekalipun tetap aja Chandra masih kena pilek.
Tapi katanya sih alergi itu bisa hilang seiring dengan pertumbuhan anak,
mudah-mudahan saja...

Salam,
Mila - maaf kepanjangan ya netters :-)