Nah ...putri saya (15bl) sama dgn anak nya mbak Mila,chandra,  karena
belum  di "tatur" jadi kalo bobo malem harus dipakekan diapers karena
tidurnya heboh.  Saya pernah sekali mencoba tidak pake diapers, ya
ampun...anak saya semaleman bangun  melulu karena basah,paginya dia jadi
agak bete, sementara  saya dan ayahnya juga capek karena semalaman harus
bolak-balik ganti popok kain. Tapi kalo pake diapers, tidunya lancar
jaya. Kalo bangun pagi (kira-kira jam 05.00 subuh) diapers nya saya
lepas dan sampai jam 12.00 siang tidak saya pakaikan diapers dulu.
Selebihnya saya selalu pakaikan  diapers dan sejauh ini alhamdulillah
tidak pernah ada ruam-ruam dan saya tidak kesulitan memilih merek
diapers karena semua aman-aman saja buat nya.

Putri saya sudah pake diapers sejak usia 2 bulan dan kuncinya menurut
dsa, rajin diganti dan jangan pake macem-macem kecuali ada kasus khusus
misalnya kulit sensitif atau alergi. Karena pasti ada kandungan zat
kimia yg terkandung dlm produk tersebut yg belum tentu cocok dengan
kulit si dede. Dari awal saya jarang memberikan ini-itu di daerah
sekitar vagina dan pantat (maaf !) putri saya. Mencuci dan me lap nya
pun hanya pake air mateng dan dikeringkan dengan handuk kering atau
waslap kering sebelum di pakaikan diapers kembali. Kalo berpergian baru
saya bawa tissue basah bayi (non perfume) itu pun kalo sempet beli kalo
nggak ya saya hanya bawa kapas yg sudah direndam air mateng, repot
memang....tapi yg penting itu aman buat putri saya.

Kalau ruam sudah parah,memang harus ke dokter dulu, apalagi kalau anak
perempuan, itu daerah rawan dan sedini mungkin harus hati-hati
perawatannya. Kalau sudah sembuh coba balik lagi kecara kuno, cuci
dengan air bersih dan keringkan, baru deh pakein diapers. Jangan di
pakaikan ini-itu dulu ya, maksudnya supaya si kulit yg jenuh karena
diberi ini-itu yg mengandung unsur kimia tambahan tersebut bisa kembali
normal dulu, InsyaAllah ruam-ruam nya nggak nongol lagi.

Regards,
Tiara H. Muhammadin
* Indonesian Central Securities Depository [PT KSEI]
*    62-21-5266055/5266044 (f)