Setuju, Bu. Memang kita sebagai Ibu harus rajin memperhatikan apa yang
terbaik buat bayi kita, termasuk masalah pemakaian diapers. Tapi menurut
saya itu tergantung kasusnya juga, karena tiap bayi kan lain-lain.

Saya sendiri juga memakaikan diapers pada Chandra setiap tidur malam. Untuk
pakai popok kain sulit, karena Chandra pipisnya sangat banyak sekali,
sehingga kalau nggak pakai diapers basahnya bisa naik sampai ke punggung.
Selain itu dia juga tidurnya nggak bisa diam, seluruh tempat tidur dari
ujung ke ujung 'dijelajahi' sehingga kalau nggak pakai diapers bisa seluruh
tempat tidurnya basah kuyup sementara kalau seluruh permukaan kasur dilapisi
perlak dianya nggak nyaman karena panas sebab kamar saya belum pakai AC.
Jadi saya lebih kasihan ke dia karena sudah pengalaman malam2 dia nangis
basah kuyup sementara dia lagi ngantuk2nya harus diusik dengan acara ganti
celana, ganti baju, ganti kain alas perlak, dsj. Tidurnya jadi nggak nyenyak
dan setahu saya kalau bayi sering terganggu tidurnya itu akan memperngaruhi
perkembangan otaknya.

Jadi masalah pakai diapers atau enggak saya rasa itu tergantung kebutuhan.
Memang kitanya harus rajin, biasanya saya pakaikan Chandra diapers pertama
sekitar jam 7-8 saat mulai tidur malam, trus nanti ganti diapers kedua
sekitar 5-6 jam kemudian saat dia minum susu kedua. Sebelum pakai diapers,
kulit Chandra saya oleskan baby cream dulu. Alhamdulillah sampai saat ini
kulit Chandra baik2 aja, dan dari pengalaman sekian banyak merk diapers yang
pernah saya pakai, yang cukup baik karena lebih kering adalah Pampers,
Huggies Dry Comfort, Fitti dan Mamy Poko.

-Mila-