Bulan april tahun lalu, saya punya pengalaman mengurus paspor saya dan putri saya yang
masih batita..
Jenis paspor itu ada macam2, anak bisa ikut ortu, bisa sendiri-sendiri, tapi kalau
masih bayi biasanya ikut ortu, misal ibunya...terus mau yang berapa halaman, 24 atau
48...Biayanya tergantung dari jenis paspor ini....Waktu itu semua saya urus sendiri,
tanpa perantara, semua biaya resmi, nggak ada tambahan. Sebenarnya nggak susah kok
ngurus paspor...asal kita ada waktu...Waktu itu saya tiga kali datang ke kantor
imigrasinya (saya imigrasi Jakarta Barat)...pertama datang bawa syarat2nya, beli form,
terus isi, dan serahkan ke loket...dikasih resi trus kita kudu balik lagi kapan,
biasanya tiga hari kerja kemudian. Datang kedua, bayar, foto, dan cap sidik jari.
Ketiga kali tinggal ambil....Anak ibu dibawa pas ambil foto aja dan waktu itu agak
lama ngantrinya, jadi siapin si kecilnya. Total waktu pembuatan paspor itu satu minggu.
Syarat lengkapnya saya lupa, yang saya ingat, akte kelahiran anak, ktp ibu, akte nikah.
Biayanya sekitar 250 ribuan gitu...pastinya lupa juga, tapi ngejablek kok di depan
loketnya itu...itu untuk paspor bersama dan 48 halaman.
Kecuali kalau kita pake perantara...Begitu masuk kantor imigrasi pasti kita dideketin
banyak perantara ini....bayarnya paling nggak dua kali lipat dari harga resmi....

Bunda Sharira