Dear Mama Shafira,

Saya nggak tau pasti apa setiap anak harus melewati
masa merangkak dulu sebelum berjalan ataupun tidak
harus.  Anak saya yang pertama saat ini umur 2,5
tahun.  Waktu umur 7-8 bulan dia nggak merangkak tapi
merayap (spt buaya) cepat sekali. Baru ketika dia umur
9-10 bulan dia mau merangkak, itupun sebentar sekali
karena sejak itu dia lebih suka merambat dan titah.
Mulai jalan sendiri baru umur 15 bulan.

Beda dengan anak saya nomor 2, mulai umur 7 bulan dia
sudah bisa merangkak cepat sekali.  Tapi sampai dengan
saat ini tetap bergerak dg cara merangkak.

Beda lagi dengan keponakan saya, sejak kecil sampai
dengan sekarang dia tidak pernah merangkak sedikitpun.
 Umur 13 bulan malah sudah bisa jalan sendiri tanpa
dipegangi. Sekarang dia sudah hampir umur 5 tahun, dan
sampai dengan saat ini (mudah2an tidak akan) tidak ada
masalah dengan motoriknya.

Demikian sharing dari saya.

Ibunya Pandhu & Tio