Dear all,

Soal campak = sumber majalah anakku edisi 8.

Penyebab :
Virus yang masuk melalui pernafasan, yg kemudian menuju ke pebuluh darah
dan akhirnya menyebar ke seluruh tubuh.

Pembagian Stadium :
1. Stadium pertama : masa inkubasi 8-13 hari
2. Stadium kedua : berlangsung  3-7 hari, ditandai demam, batuk kering,
pilek, radang selaput mata shg mata berwarna merah. Timbul ruam
kemerahan dimulai dibelakang telinga, garis batas rambut belakang
menjalar kemuka, dan angt tubuh lainnya. Ini stadium dimana penularan
mudah terjadi.
3. Stadium ketiga : ditandai ruam berwarna coklat kehitaman yang akan
hilang dlm waktu 1 - 2 minggu. Dan selama kelainan kulit tsb, bisa
disertai dgn demam.

Komplikasinya :
Radang paru-paru dan radang otak. Tandanya : jika kesadaran anak
menurun, demam tinggi, kaku leher ,kejang, sesak napas.

Pemberian makanan :
Banyak memakanan makanan mengandung vitamin A dan C, serta banyak
menerima cairan supaya terhindar dari dehidrasi akibat demam tinggi.

SARAN SAYA :
Adhim jgn dulu mandi deh mbak, dan jangan dulu dibawa jalan depan rumah.
Pakaikan baju yang 'adem' aja, nggak perlu berlapis-lapis. Jadi kepaksa
harus cari jalan untuk 'merayu' adhim dulu kali ya... :P (mbak Fatma
pasti lebih tau caranya). Bukan apa-apa ngeri komplikasinya, mengingat
ketahanan fisik adhim lagi recovery.

Semoga membantu dan cepet sembuh ya mbak,

Salam
Emmy