From: Marlia Ulfah [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Thursday, July 11, 2002 6:26 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] Bagaimana Cara Mengajar Anak Menggambar?

Sekedar sharing juga nih Mbak,

Anak saya 23 bulan kalau disuruh mewarnai gambar itu bosenan, mewarnainya
juga belum bisa bagus benar, hanya sekedar coret-coret digambarnya.
Sebenarnya umur berapa ya anak bisa mewarnai gambar dengan baik ?
Kalau menggambar anak saya juga begitu coret2 aja , baik lingkaran atau pun
seperti ular , terus dia bilang ini ikan, ini ular, ini kupu-kupu dsb.
Standarnya umur berapa ya, anak diajari mewarnai dan menggambar ya ??

Trima kasih

Bundanya Alifia

> ----------

ini anak saya, laki2 usia 27 bulan, malas kalau disuruh menggambar, maunya
digambarin melulu.
> ketika awal saya memperkenalkan dia menggambar yaitu dengan menggunakan
crayon, kira2 pada usia 1 th, dia sangat excite untuk mencorat-coret di
mana2. sampai terpaksa dinding saya tempeli dengan kertas ukuran besar
sampai setinggi satu meter, tapi kalau lantai memang sudah nggak ketolong
lagi... :) tapi ini nggak berlangsung lama, karena dia cepat mengerti bahwa
dia harus menggambar pada kertas yg telah saya sediakan.

> tapi lama2 kok dia jadi malas menggambar ya beberapa bulan terakhir
ini....? apa mungkin karena pernah melihat saya atau ayahnya menggambarkan
sesuatu yg mungkin bagus menurutnya, sehingga dia jadi malas untuk
menggambar?
> hanya kadang2 saja dia mau menggambar sendiri, itupun bentuknya lingkaran
semua (walaupun jauh dari sempurna, tapi kedua ujungnya pasti bertemu).
kalau ditanya ini gambar apa, dia bisa bilang itu macam2, bisa mobil, kereta
api, ikan, dll.

> baru2 ini saya akali dengan membeli cat air, dengan harapan dia dapat
kembali mulai bereksplorasi.
> tapi ternyata hanya satu dua hari dia asik menggambar sendiri, seterusnya
dia minta digambarin lagi... :))

> oya, untuk diketahui kegiatan ini tidak pernah saya paksakan. hanya
selingan saja di sela waktu bermainnya. malah lebih sering dia yg sibuk
cari2 buku gambar & peralatan gambarnya lalu disodorkan ke saya atau
ayahnya, sambil bilang 'mama/ayah gambar... gambar...' (disuruh gambar
maksudnya...)

> mohon masukannya dari rekan2 bagaimana caranya agar anak saya dapat
kembali mau menggambar sendiri.
> terimakasih sebelumnya, mohon maaf kalau kepanjangan.
>

> wassalam,
> -mamanya Ihsan-

http://www.indokado.com/

---