[ES]
 1. Sistem stempel : Beli kertas besar yang panjang (gede) yang untuk
 buat pola baju. Buat cairan cat warna (enaknya postes color kali ya biar
 aman/gampang dibersihkan--ada mereknya sakura atau asturo), taro
 dipiring plastik, kasih air. Udah gitu cari benda-benda yang bisa
 di-stempelkan disitu, apa aja, pokoknya kalo dicap berbentuk aja
 dikertasnya. Usahain cari benda yg enggak kepake..., nah biarin si anak
 'berkreasi' di situ, fun pasti. Tapi kita harus awasin. Banyak sekali
 sebetulnya cara untuk bikin anak mau ngegambar.

[DHK]
Mbak aku jadi inget waktu TK aku diajari menggambar bisa bunga etc dengan
menggunakan pelepah pisang atau tanaman yang batangnya jika diiris membentuk
pola tertentu, seperti batang daun talas, bagus juga kan ?
Betul begitu kan maksud tulisan ini ? Waktu itu cat airku hanya menggunkan
kesumba tapi hasilnya bagus juga menurutku masih inget tuh dapat 78.

[ES]
Jangan memaksakan warna suatu benda ke anak. Biarkan dia alamai
 mengetahuinya. Walau dalam mewarnai dia salah memilih warna untuk benda
 itu. Yang harus kita tekankan adalah menanamkan pengertian warna itu oh,
kalo kuning yg ini, merah ini. Jgn dia ambil kuning taunya pinsilnya
 merah.

[DHK]
Pantes ya Tiya sering kesel kalau aku ikut mewarnai gambarnya ( kecuali Tiya
yang minta)
Mbak tadi malem aku ajarkan dia ketrampilan mozaik ( cmiiw ), tapi tempelnya
pakai sticker square, karena motorik halusnya kan belum berkembang sempurna.
Aku bilang aja first orange, second orange, begitu seterusnya sampai orange
terus biar dia hapal warna. Boleh dong berikan pencerahan cara tersebut
salah apa benar. O ya Tiya sekarang (21 bln)