Setelah membaca tanggapan pakde Semprul, pak hendrik dan pak dwint, ingin
rasanya mengajak kembali menggunakan istilah² baku bagi workbook dan
worksheet.

Ketika masih tertutup sebuah file spreadsheet dari excel (*.xls?) lebih
tepat disebut sebagai file, tetapi banyak kalangan resmi menyebutkan
sebagai closed-workbook. Jadi dlm keadaan tertutup pun kita menyebut
workbook seperetinya tidak salah.
Jadi *workbook* bisa DIBUKA kemudaian bisa DITUTUP. Soal dipasang password
atau tidak itu urusan lain.

*Worksheet* adalah bagian dari workbook, seandainya workbook sebuah buku,
maka worksheet adalah lembarannya.
Ketika workbook dibuka otomatis *SEMUA worksheet sudah terbuka.*

Walaupun SEMUA Worksheet SUDAH TERBUKA, antara worksheet dengan worsheet
lainnya ada perbedaan statusnyua

*(A)*
- Dlm keadaan *AKTIF* yaitu worksheet yg cellnya siap data
- Dlm keadaan* NON-AKTIF*
Dlm satu workbook hanya akan ada 1 worksheet aktif
Jadi worksheet tidak perlu dibuka karena sudah terbuka, dia hanya perlu
- di-AKTIFKAN ataupun
- di-NON-AKTIFKAN
bukan dibuka atau ditutup.

*(B)*
Status lain bagi worksheet di dalam Opened-Workbook adalah:
- Dlm Keadaan *terlihat / visible* (bisa diakses)
- Dalam keadaan* tersembunyi* (tidak bisa diakses)
- Dalam keadaan *sangat tersebunyi* (perbedaannya dengan "tersembunyi"
sudah dijelaskan oleh pak Hendrik)

Jadi sekali lagi dlm status ini pun (terlihat / tak-terlihat) worksheet
walaupun dlm keadaan tersembunyi statusnya sudah terbuka (tidak perlu
diBUKA atau diTUTUP lagi) karena ada istilah yg lebih tepat yaitu
*- diSEMBUNYIKAN*
*- diTAMPAKKAN*

Ini semua hanya istilah, yg mungkin 'gak penting'
Tetapi saya tetap berpendapat istilah sebaiknya mengacu ke kelaziman yg
dipakai kalangan luas kalau perlu mengacu ke 'peraturan' yg sudah ada.
Jika setiap orang membuat istilah sendiri-sendiri (untuk hal yang sama)
maka 50% waktu diskusi hanya untuk menyamakan istilah, sisanya baru mencari
pemecahannya.

Teman2 yg setuju harap tunjuk jari
Teman2 yg tidak setuju juga : diharapkan tunjuk jari
(Nah.. jadi sulit untuk membedakannya 'kan?)

~Rara..

*catatan:*
sepertinya belum 3 hari ini ada diskusi meneruskan pembahasan  LOGIN ke
suatu workbook & worksheets
di mana terlibat cara menyembunyian dan menampakkan sheet dengan password.

*--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "vna_gustiani" <vna_gustiani@...>
wrote:*
*> Dear Belajar Excell,*
*> Ad yang ingin saya tanyakan. Apabila saya memiliki file excell yang
terdiri atas beberapa sheet, *
*> lalu pada masing-masing sheet ingin saya protect dengan password. Apa
yang harus saya lakukan?*
*> *
*> Sehingga file tersebut bisa dibuka oleh siapa saja, tapi ada beberapa
sheet yang baru boleh dibuka, *
*> jika sudah memasukkan password*
*> *
*> terimakasih banyak sebelumnya*