Encoding, Chinese Traditional(Big5).

Rinto-xiong,

Apa benar Wei untuk marga cuma satu? Baijia-xing dalam alphabetical
order kasih sekitar 8 Wei dalam pinyin.
http://www.geocities.com/Tokyo/3919/w.html#W

Frank,

Kalau Baijiaxing dalam Hakka bisa dilihat di situsnya Dylan di
http://www.sungwh.freeserve.co.uk/hakga/bakgasiang.htm
Di situ ada tiga Wei yang dibaca Ngui. Satunya adalah Wei4 yang kalau
diurai bisa terlihat kalau itu terbentuk dari empat huruf, ¤dqian
(seribu) ¤Kba (delapan) ¤knu (perempuan) °­gui (setan) alias
seribu delapan setan prempuan. :-) Hehehe, makanya yang laki nyalinya
besar, badannya tinggi besar, dan tidak takut satu setan dua
binatang. Habis seribu delapan dan perempuah lagi. :-) Nah, kalau
yang prempuan, waktu pacaran dulu berani bilang, serebudelapan setan,
tapi sekarang nggak berani bilang keras-keras apalagi kalau lagi
senyum-senyum di depan komputer begini. Bisa berabe. :-)

Satu lagi yang dibaca Ngui2 juga adalah Wei(¦M) bahaya yang ada di
urutan 140. Yang ketiga Wei banyak setan atau (àÔ) dibaca Ngui4
juga dalam Hakka. Sedangkan Wei-nya Wei Xiaobao (­³)dalam Hakka
dibaca Vui2, Wei (½Ã)melindungi dibaca Vui4. Ini urutannya malah
di nomor 12. Ada lagi huruf Wei (½«) yang kalau dalam bahasa Hakka
dibaca Vui3, tetapi menurut Kamus Depdik Taiwan, huruf itu dibaca Yu
kalau dipakai untuk marga. Ada marga berhuruf rangkap yang
menggunakan kata Yu ini. Mudah-mudahan tulisan cacingnya bisa keluar
kalau settingnya Big5.

Salam,

Aris.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:
> [...]
>
> Salam,
> Suryadi
>

> Rinto Jiang <[EMAIL PROTECTED]>
> Sent by: budaya_tionghua@yahoogroups.com
> 27/06/2005 01:50 PM
> Please respond to
> budaya_tionghua@yahoogroups.com

> budaya_tionghua@yahoogroups.com
> cc
>
> Subject
> [budaya_tionghua] Wei (Generation poem Re: Maksud dan kegunaan dari
kata
> kedua dari nama orang Tionghua)
>

> Wei untuk marga hanya 1, Wei seperti Wei-nya negara yang didirikan
Cao
> [...]
> Saya kenal seorang marga 'Ngoei' Hakka/Khek,
> ternyata sama juga Wei.
> Characternya yang mana ya?
>

> .: Forum Diskusi Budaya Tionghua dan Sejarah Tiongkok :.
>
> .: Kunjungi website global : http://www.budaya-tionghoa.org :.
>
> .: Untuk bergabung :
>
> .: Jaringan pertemanan Friendster : [EMAIL PROTECTED] :.
>

> YAHOO! GROUPS LINKS
>
>  Visit your group "budaya_tionghua" on the web.
>
>  To unsubscribe from this group, send an email to:
>  [EMAIL PROTECTED]
>
>  Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of
Service.

> Disclaimer:
> This email may contain privileged and/or confidential information
intended only for the use of the addressee.  If you are not the
addressee, or the person responsible for delivering it to the
addressee, you may not use, copy or deliver this to anyone else. If
you receive this email by mistake, please immediately notify us.

> Opinions contained herein may be the personal opinion of the sender
and do not necessarily represent the views of the G K Goh Group.  If
you are in any doubt as to whether the opinions are officially
endorsed by the G K Goh Group, please contact our Compliance Dept at
(+65) 6225 1228 for clarification.