Dalam ilmu statistik, salah satu faktor crucial dalam membuat suatu
generalisasi adalah proses sampling. Kalau samplingnya salah,
generalisasinya juga salah. Untuk JBKT, saya sarankan Anda
memperbaiki metode sampling sebelum membuat suatu generalisasi.

Sebagai orang yang hidup di dua "budaya" (istri saya sedikit
keturunan Cina dan tidak tampak cinanya sama sekali), saya bisa
memahami kesan Sdr JBKT ini. Istri saya juga sering mengalami
perasaan nggak nyaman di tengah komunitas dimana Tiong Hoa dominan,
misalnya kalau ke kelapa gading atau glodok. Karena istri saya ini
nJawa sekali, dia sering merasa orang Tiong Hoa itu nggak sabaran,
agak kasar, bicaranya keras, kalau makan di restoran sisa makanannya
bertebaran di meja, dsb. Tapi, lama-lama dia juga bisa membedakan
kira-kira komunitas mana yang seperti itu dan kalau berada di
komunitas itu dia akan "siap mental", dan minta saya saja yang aktif
berinteraksi. Sekali lagi, karakter yang membuat nggak nyaman ini
juga nggak hanya dimiliki etnis Tiong Hoa. Etnis Batak juga rada
kasar menurut sebagian besar budaya suku di Indonesia ini. Maaf,
bukan mau menghina etnis Batak karena salah satu paman saya juga
dari etnis Batak.

Sorry, jadi kepanjangan cerita tentang pandangan pribadi. Intinya,
menurut saya, kita sebagai etnis Tiong Hoa memang perlu introspeksi.
Keberhasilan dalam bidang ekonomi bisa menjadi indikator bahwa etnis
Tiong Hoa adalah orang yang percaya diri, optimis, fighting spirit
tinggi, menghargai waktu, efisien, rasional, dsb tapi tata krama di
tempat umum juga perlu diperhatikan.Pemerintah Singapore tampaknya
faham dengan kekurangan ini dan dengan keras mendidik warganya
sehingga sifat etnis Tiong Hoa di Singapore beda dengan yang di
mainland.

Maaf bila ada yang tersinggung

Salam
YasKur

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Jeritan Bisu
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Kawan Ulysee,
>
> Aku kenal orang Tionghoa bukan dari diskotik seperti yang pernah
kau lontarkan. Kau tanya kelakuan mana, aku jawab: untuk sampling
saja, cobalah kau susuri daerah glodok, tanah abang, jati negara,
mangga dua, kawasan sudirman, dsbnya. Berinteraksilah dengan
Tionghoa2 yang kau lihat di sana dan jika kau tidak keberatan kawan,
tuliskanlah dengan sejujurnya kesan kau dari interaksi tersebut.

> Kesan aku yang dominan tetaplah petantang petenteng, mentang-
mentang, kurang santun, tidak tahu diri, kasar, taunya duit mulu,
hedon, lebih emosional ketimbang pakai nalar, dsbnya. Intinya: lebih
banyak yang negatif ketimbang yang positif.

> Kalau kau tangkis, orang Jawa, orang Sunda, orang Batak, dan orang-
orang lainnya juga banyak yang begitu, betul! Tapi ini milis Budaya
Tionghoa bukan?