sdr.Min Hui ,

mungkin saya bisa memberikan suatu pandangan disini.

Aliran Sukhavati atau JingTu Zhong merupakan subsekte dari Mahayana.

Mengenai ibadah tradisional , saya rasa merupakan suatu bentuk
ibadah Tridharma dan sikap toleransi antar 3 agama besar di Tiongkok.

Penghormatan kepada Tuhan /Langit atau Jing Tian Gong sebenarnya
merupakan kewajiban kaisar untuk melakukannya.
Dalam kitab Li Ji penghormatan kepada Bulan pada musim gugur dan
Matahari pada musim semi. Dan dapat dikatakan kemudian kebiasaan
para kaisar menyebar dikalangan rakyat jelata.
Dan merupakan upacara Confuciusm.

Mengenai Guan Yin Pu Sa atau Avalokitesvara Bodhisatva dapat
dikatakan karena figur Beliau itu merupakan suatu figur yang populer
dikalangan orang Tionghoa terlepas dari agama yang mereka anut.
Bahkan ada pepatah ,"Setiap mulut Amitabha , setiap rumah Guan Yin"
Maksudnya adalah 2 figur ini yang terkenal dikalangan rakyat.
Dan karena sifat orang Tiongkok tidak perduli dengan perbedaan
ajaran agama (cat:ajaran agama disini adalah Taoism , Confuciusm dan
Buddhism) jadi hal ini merupakan yang yang wajar.
Bisa dikatakan tidak melahirkan pandangan-pandangan fanatik yang
membuat lahirnya benturan antar agama dan perilaku yang menghina
antar 3 agama itu.

Dewa Te Cu Kong itu saya tidak tahu dewa apa , tapi jika yang
disebut Tu Ji , maka dapat dikatakan dewa itu merupakan dewa lokal
atau bisa kita katakan bahwa dewa itu adalah leluhur atau sesepuh
dari masyarakat "pribumi" yang kita tinggali.
Misalnya ada beberapa kelenteng di Jawa Barat yang memiliki altar
untuk Prabu Siliwangi atau Eyang Suryakencana.
Ke 2 tokoh Jawa Barat ini termasuk dalam Tu Ji.

Penghormatan kepada leluhur merupakan suatu pilar budaya Tiongkok.
Ini yang harus kita ketahui dan kita sadari bahwa penghormatan
leluhur inilah yang menjadi rancu dan kadang menjadi bias serta
dalam prakteknya tidak lagi menunjukkan penghormatan.
Leluhur itu dalam scope luas adalah "dewa" seperti Guan Gong , FuDe
ZhengShen , TianShang ShengMu dan lain-lain.

Zhao kong atau Zhao Jun adalah dewa dapur (jika ini yang anda maksud
karena bisa juga merujuk kepada Zhao GuangMing) yang berasal dari
kebiasaan jaman purba yaitu penghormatan kepada api.
Dipercaya bahwa Zhao Jun itu sesungguhnya adalah Zhu Rong atau dewi
api.

Da Bo Gong adalah sebutan yang menurut saya hanya ada dikalangan
overseas Chinese.
Arti Da Bo Gong bisa kita katakan adalah leluhur yang membuka lahan
atau perintis di tempat kita tinggal sekarang.

Sebenarnya Buddhism masuk ke Tiongkok tentunya akan mengadopsi
kebiasaan rakyat Tiongkok.
Misalnya upacara Ulambana yang mengadopsi tanggalnya itu dengan
upacara Zhong Yuan dari Taoism. Walau mungkin landasan dari upacara
Ulambana itu berdasarkan kitab Ulambana Sutra tapi tanggalnya
disesuaikan dengan upacara Zhong Yuan dari Taoism.

Secara umum pola seperti yang anda sebutkan itu adalah pola
Tridharma atau bisa juga disebut Buddhist tradisi.
Tapi istilah tradisi ini rasanya tidak tepat. Dalam pandangan saya ,
mahzab apapun dalam Buddhism pasti mendapat pengaruh budaya dan
tradisi setempat.

hormat saya ,

Xuan Tong

> [...]
> depan)
> - altar untuk pemujaan Dewi Kuan Im (tidak semua ada)
> - altar untuk pemujaan Dewa Te Cu Kong
> - altar untuk penghormatan terhadap leluhur yang telah meninggal
> - altar untuk pemujaan Dewa Cau Kong (tidak semua ada)
> - altar untuk pemujaan Toa Pe Kong (khususnya pada orang tio chiu
yang
> banyak di Brahrang)
> - beribadah ke vihara/kelenteng setiap che-it (penanggalan awal
bulan) dan
> cap-go (tgl 15/bulan)
>
> Aliran manakah cara beribadah seperti ini?

Danardono

Indonesia.
Masehi.

Sukhavati
Tiongkok

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/ons1pC/lbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM