sdr.Rockit ,

naga dalam mitologi orang Tionghoa pada jaman purba mungkin disebabkan
oleh 4 proses.
4 proses itu antara lain :
1.totem ikan dan ular , dimana pada masa lampau suku-suku yang
nantinya menjadi bangsa Tionghoa yang sekarang ini memiliki totem-
totem binatang sebagai lambang suku mereka. Ini yang menjadi cikal
bakal lahirnya model naga dan burung phoenix.
2.pada masa dinasti Shang dan Zhou , naga dan burung phoenix mengalami
perubahan.
3.pada masa warring state , naga dan phoenix mulai digambarkan berada
di awan dan menguasai air.
4.masa akhir ini adalah masa pembentukan naga yang kita kenal seperti
sekarang ini. Pembentukan itu bisa dikatakan pada masa dinasti Tang.

Walau demikian , ada orang yang beranggapan bahwa naga dan phoenix
berasal dari buaya serta burung merak.
Tapi ini sulit diterima secara umum.

Secara mitos , naga dikatakan adalah gabungan dari 9 binatang yang
merupakan totem dari 9 suku yang berhasil disatukan oleh XuanYuan atau
HuangDi. Hal ini juga pernah dibahas dan kalau tidak salah sudah
dimasukkan ke website.
Karena faktor itu juga terkadang orang Tionghoa sering disebut
generasi pewaris naga.
Perbedaan mitos antara timur dengan barat membuat ada yang beranggapan
bahwa naga itu adalah lambang iblis.
Tentunya kita harus menghargai perbedaan pandangan itu tapi juga harus
menghargai perbedaan pandangan bukan langsung serta merta mencap naga
orang Tionghoa adalah iblis.

Kilin atau Qilin bisa disebut kuda naga yang merupakan binatang suci
terutama bagi orang yang beragama Khonghucu.
Karena mereka percaya binatang ini hanya tampak ketika orang-orang
suci lahir ke dunia.

Khayalan atau bukan , bukanlah hak kita menilai. Yang penting adalah
kita harus memahami makna dibalik simbol dan mitos itu.

hormat saya ,

Xuan Tong

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "rockit_launcha"

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/BRUplB/TM