Huruf Tionghoa,
Melalui sejarah yang panjang huruf Tionghoa telah
berubah beberapa kali dari jiaguwen sampai yang kita
lihat sekarang. Padahal partai komunis baru berdiri
tahun 1921! Jadi jelas perubahan huruf adalah sebuah
evolusi kemajuan, makin lama makin praktis sesuai
tuntutan zaman.Lihat dokumen-dokumen zaman Qin
Shihuang kita tak akan mampu membacanya. Sudah
hurufnya lain, hurufnya berbeda dari satu tempat ke
tempat lain. Huruf ma kuda misalnya kabarnya sampai
ada 20 macam. Hal ini bukan merupakan kebanggaan tapi
merupakan kekacauan.
Penyederhanaan huruf Tionghoa dalam abad 20 sudah
merupakan proses sosial, masyarakat sendiri menciptakn
huruf yang disederhanakan, celakanya tiap orang tiap
daerah menciptakan sendiri huruf sederhana. Untuk
mencegah kekacauan ini maka pemerintah RRT khusus
membentuk panitia untuk menstandarisasi huruf yang
disederhanan. Yang kemudian disahkan setalah melaui
percobaan puluhan tahun. Tahun 1956 kabinet
mengumumkan daftar pertama huruf yang disederhanakan,
setelah melalui masa percobaan, dimana banyak usulan
maupun kritikan masuk tahun 1984 konsep terakhir
dipublikasi dan disahkan.
Taiwan menolak konsep ini bukan alasan budaya atau
pendidikan, tapi alasan politik. Masakah kita tidak
tahu, yang mengadakan politik de-sinifikasi atau
Qu-Zhonguohua (membuang segala sesuatu yang berbau
Tionghoa) adalah pemerintah Taiwan di bawah Chen
Suibian. Ia ingin mengganti bahasa nasional dari
Mandarin menjadi Hokkian. Ini tidak berarti ia cinta
Hokkian, ia sendiri tak mau  memgakui bahwa ia adalah
turunan orang Kheq dari propinsi Hokkian, maksudnya
agar tak ada konunikasi antara rakyat Taiwan dan
Tiongkok daratan. Dialek Hokkian hanya berpenduduk
sekitar 5% saja dari seluruh rakyat Tiongkok
Tidak ada hubungan kaligrafi dengan penyederhanaan
huruf.
Semoga menjadi jelas.

=== message truncated ===

http://mail.yahoo.com