Sedikit komentar untuk kostum Gong Li, ada kesalahan fatal di kostumnya. Pada
jaman Tang (berlanjut ke jaman 5 dinasti), pakaian wanita bangsawan memang
memiliki belahan leher yang rendah akan tetapi tidak menonjolkan payudara.
Jaman itu, ukuran payudara wanita tidak dianggap sebagai suatu ukuran
kecantikan/keseksian seorang wanita. Pakaian wanita bangsawan jaman Tang lebih
memperlihatkan bahu dan pundak wanita. Karena memang bahu dan pundak yang
berisi/berotot lebih menjadi ukuran kecantikan seseorang wanita jaman itu,
bukannya ukuran payudara Gong Li yang terlalu ditonjolkan.

Contoh film berlatar sejaman yang memperhatikan ketepatan kostum pemainnya
adalah The Banquet, sayangnya dari sisi cerita (adopsi Hamlet) kurang menarik.

Untuk penghitungan jam ular, naga, tikus dsb sebenarnya adalah penghitungan
waktu berdasarkan 12 ranting bumi (di zhi), karena nama 12 ranting bumi itu
tidak awam, dipakai istilah 12 binatang / shio untuk penamaan waktu bagi orang
awam.

Hormat saya,

Yongde

   _____