Dear all,

  Mau sharing sedikit. Setahu saya memang ada tradisi memanggil orang tua
secara tidak langsung. Misalnya saja, saya sendiri memanggil "mama" dengan
"A-yi" ªü«¼ (tante). Sedangkan ada teman saya yg memanggil "papa" nya dengan
"A-chek" ªü¨û (paman) dan ada juga yg memanggil papa-nya dengan "a-tio" ªü¤V
(suami tante).
  Cara panggil ini diajarkan kepada kami sejak masih kecil, sehingga sekarang
walaupun sudah tahu "A-yi" itu artinya tante, sulit sekali untuk mengubahnya
memanggil "mama".
  Saya pernah tanyakan orang tua mengapa demikian. Menurut mereka karena orang
dulu tidak mau anak-anaknya terlalu dekat (akrab) takut kalau terjadi apa-apa.
Takhayul?
  Sekarang kebiasaan ini sepertinya sudah tidak ada lagi. Hanya sampai generasi
seperti saya saja.

  Salam,
  Kheng Hong