Beberapa waktu lalu di Singapora beberapa pemuda berdebat, kalau ditanya mana
yang kita pentingkan, Tionghoanya atau Singaporenya. Yang satu bilang saya
Chinese, tapi Singaporean. Yang satu bilang, Saya Singaporean , ras saya
Chinese. Debat ini dibiarkan saja, sebentar hilang sendiri. Pemerintah tak
memberi komentar sama sekali.

Saya pernah di tanya oleh seorang pemuda Tionghoa Indonesia, mana yang benar,
kalau ditanya Tionghoanya lebih penting, atau Indonesianya lebih penting, ia
katanya bertanya pada beberapa orang dengan jawaban yang berbeda dan alasan
macam-macam, tapi alasannya tak dapat ia terima.

Saya tanya kalau menurut anda apa? Ia menggelengkan kepalanya, “pusing” katanya.

“Kalau begitu saya jelaskan,” kata saya.  Menurut saya manusia itu mempunyai
multi dimensi, dapat dilihat dari segi mana.?

Tuan A laki-laki, Tuan A adalah seorang warga negara Indonesia, Tuan A adalah
orang Tionghoa, Tuan A adalah seorang bapak dari tiga anak, Tuan A adalah dosen
sebuah universitas, Tuan A adalah seorang suami, Tuan A adalah orang Bandung,
Tuan A adalah seorang sarjana, Tuan A adalah orang yang selalu berpakaian
perlente dsb.

Anda menulis setumpuk kalimat yang menyatakan Tuan A, dan semua benar. Lalu
mana yang penting?

Menurut isterinya yang terpenting suaminya seorang laki-laki, kalau perempuan
ia tak mau menikah dengan perempuan lagi. Sedang menurut mahasiswa yang
terpenting ia dosen yang baik, laki atau perempuan adalah tidak jadi masalah.
Pada saat anda diperiksa paspor anda di imigrasi ketika masuk negara lain, yang
penting adalah anda Warga Negara Indonesia, pada saat kerusuhan, apakah anda
akan kena ganyang yang penting Tionghoanya.

Orang yang berfikir logis tak mungkin bertanya dimensi mana yang penting,
karena semua benar , yang penting tergantung konteksnya saat itu masalah apa
yang dibicarakan.
Apakah salah kalau seorang mengatakan saya Tionghoa, tidak, tak mungkin jawaban
lain, karena darah yang mengalir adalah darah Tionghoa, dapat dibuktikan dengan
tes DNA.
Tapi kapan kita menjawab Tionghoa, kita lihat konteks saat itu. Kalau mahasiswa
bertanya “Apakah bapak dosen yang akan mengajar kami?” Apakah anda akan jawab
dengan bangga, “Saya warga negara Indonesia?” Karena nomor satunya Indonesia.

Tidak mungkin dibanding dua masalah yang berbeda, seperti membanding anggota
dua himpunan yang berbeda, menurut ahli matematik. Debat begitu hanya debat
kusir yang tak mengerti masalah. Di IC (KTP) bagian atas sudah tertulis jelas.
Singapore Citizen, di kolom ras ditulis Chinese. Dan dua-duanya benar.

Untuk saya aneh, kalau orang dewasa ribut demikian, debat kusir yang tak ada
akhirnya, karena semua benar.

Loyalitas tidak dapat ditunjukkan dengan makanan. Apakah rekan-rekan yang makan
daging anjing tidak loyal terhadap Indonesia? Karena kebanyakan orang Indonesia
tidak makan daging anjing. Naif.
Makanan tergantung kebiasaan dari kecil dan kesukaan pribadi yang sulit di
jelaskan. Dulu saya kira orang Tionghoa totok tak suka makanan pedas. Baru
setelah dewasa, bahkan setelah pensiun dan pertama kali ke Tiongkok saya sadar.
Sampel saya salah. Orang Tionghoa totok yang ada di Indonesia kebanyakan dari
tiga propinsi saja, Fujian , Guangdong dan Hainan, sedang yang saya kenal orang
Fujian dan Guangdong saja. Ketika saya ke Hainan, tiap meja di restoran ada
sambal, bahkan sambal botol cabai kuning, yang rasanya ampun pedas sekali,
kalah cabai Jawa. Di Sichuan hampir tiap makanan ada cabainya, yang khas ada
goreng cabai hijau yang ternyata enak menurut selera saya.

Kita terlalu sering generalisasi masalah, dengan maksud mengelakkan diri dan
dapat pujian. Seorang anak kalau dari kecil tak pernah diberi tahu ia adalah
Tionghoa, tentu ia tak tahu, nanti kalau suatu ketika ia didiskriminasikan, ia
akan shock. Beda yang dari kecil sudah diberi tahu, ia tahu apa akibat ia
Tionghoa, bahkan lebih baik diceritakan beberapa peristiwa rasialis yang
penting, ia akan siap mental, karena hal itu masih mungkin terjadi pada
dirinya. Menutupi sejarah kepada anak-anak bukan suatu hal yang mendidik, sebab
yang anak jadi idealis, tidak realistis, tidak membumi, penuh khayalan yang tak
mungkin dicapai.

Sekali lagi loyalitas tidak mungkin dinilai dari ucapan, apalagi tuduhan orang,
karena loyalitas hanya dapat dilihat dari kelakuan pada saat negara kritis.
Apakah dijamin Indonesia pribumi (maaf , istilah lama masih saya pergunakan
dengan terpaksa) yang senang makan gudeg, senang makan cabai, pasti loyal
terhadap negara dan rakyatnya?
Kalau begitu, kenapa orang semacam Munir yang jelas loyal kepada rakyat yang
ditekan bahkan dibunuh? Apakah yang memerintah membunuh dapat anda katakana
loyal? Loyal pada siapa?

Jangan mempermainkan istilah loyal, istilah ras, istilah agama, istilah
macam-macam untuk mengacaukan pandangan orang menjadi kabur. Yang rugi adalah
masyarakat Indonesia!

Liang U