Saya copy paste lagi pertanyaan saya sebelumnya.

Bisa dijelaskan mengenai beberapa hal ?

1. Bangsa Saimen itu suku apa ya ? Saya belum menemukan referensi
mengenai Saimen di sejarah Tiongkok. Yang ketemu adalah kalao jaman
Qin itu suku Xiongnu, Qiang, Nanman.

2. "Maharaja Siamen/Saimen Shih Huang Ti" ??? meneruskan raja siam
Iskandar Zulkarnaen ? Maaf, pegangan saya tetap "Catatan Sejarah" atau
Shi Ji yang dihimpun Sima Qian. Anda pernah tahu tidak Sima Qian dan
Shi Ji ? Dan di situ gak ada tuh "Siamen / Saimen"

3. Kalau saya baca postingan anda Qin Shi Huangdi membakar buku Rujia
/ Confucius itu berhubungan dengan agama tertentu ? Yang saya pelajari
dari literatur sejarah adalah karena para cendekiawan Rujia menolak
pemerintahan otoriter Qin dan melakukan pembangkangan cendekiawan.

4. Tembok Besar Negeri China dimulakan Raja Iskandar
Zulkarnnian/Zulkarnaen ? Sekali lagi mohon maaf, yang saya pelajari
itu sama sekali beda. Bahkan tembok besar yang sekarang ini juga bukan
tembok jaman Qin akan tetapi jaman Ming. Pada jaman negara-negara
berperang, masing-masing negara di belahan utara (Qin, Qi, Wei) sudah
membangun tembok untuk menahan serbuan suku-suku liar dari utara. Nah
setelah Qin Shi Huangdi berkuasa, dia kemudian "menyambung"
tembok-tembok itu. Sebagai informasi tembok jaman Qin dibuat dari bata
dan tanah merah dan letaknya lebih jauh ke utara dari tembok Ming.

Lalu apa korelasinya dengan jawaban anda ? Yang anda tunjukkan itu
secuil dari travel guide. Itu yang hendak anda ajukan sebagai
referensi ? Lagi pula saya tidak melihat travel guide itu ada
hubungannya dengan masalah yang saya tanyakan, cuma menjelaskan
sekilas latar sejarah Xi'an.

Mohon maaf kurang ajar sedikit, apa anda mengerti tata bahasa
Indonesia tidak ? Kalau tidak, saya kira percuma melanjutkan diskusi
ini. Soalnya saya tidak fasih tata bahasa Melayu.

Hormat saya,
Yongde

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "koboi_bm" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  > Jadi, anda ini hendak mengusung gosip murahan atau melakukan

> ini dari saya - Xian: Xian is the beginning of Silk Road and is known
> as the ancient capital of Xian. Xian means Peaceful. It has a
> population of 7M people. It is known to be the (geographical) center &
> Ancient Capital of China for 11 dynasties. The region of Xian has been
> inhabited from as far back as 6000 years. At that time the now rather
> barren plains were much greener and ideally suited for farming. The
> first emperor of the unified China, Qin Shihuang founded the capital of
> [...]

Kirim email ke