Hmmm Bung Ska

Itulah yang pernah saya sebut ...

Penemuan penemuan adalah bagian dari kebudayaan ,
Dan kebudayaan itu terjadi proses interaksi
Jika kebudayaan tiongkok sempat menjadi terdahulu dari yang lain...
Dan kemudian tersalip oleh barat dan jepang .....

Menurut penilaian saya karena kebudayaan lain tidak ragu2 -
menggerakan tentakelnya untuk mengambil sisi positif dari kebudayaan
lain , termasuk kebudayaan tiongkok ........sementara kebudayaan
tiongkok terlalu berkutat , hmm seperti yang saya perhatikan dari
beberapa orang member milist ini , terlalu sombong , menganggap
kebudayaan lain lebih rendah , sementara tionghoa2 yang mempelajari
sastra, teknik pengobatan dan teknologi dari kebudayaan lain ,
dianggap tidak "berbakti" pada kebudayaan tiongkok/hoa ....

Jadi yah itulah , terlalu baiknya , kita terlalu banyak MEMBERI , dan
gengsi untuk MENGAMBIL ......karena merasa sudah KAYA .....

Robby Wirdja

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Skalaras" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Yang heran, meskipun penemuan2 teknologinya banyak yang mendahului
bangsa lain, bangsa Tiongkok tak berhasil mengembangkan sistem ilmu
pengetahuan alam atau Science secara komprefensif, sehingga
kemajuannya berhasil disalib oleh barat.

> Setiap membaca sejarah, begitu sampai di babak dimana Tionkok mulai
bersentuhan dng peradaban barat, seperti saat Kaisar kerajaan Qing
pertama kali dikenalkan dng ilmu matematika Barat, hati saya selalu
menangis....

> ZFy

Kirim email ke