From: Ciao Lie
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Friday, February 15, 2008 5:03 PM
Subject: Re: [budaya_tionghua]: Untuk Extrim-Bluesky

He....pertanyaan anda tidak lain dan tidak bukan hanya
menjebaka dirimu sendiri. Ketika saya di Manila, Paus
secara terbuka berbicara dan meminta maaf atas semua
kekeliruan Gereja Katolik pada masa lampau teristimewa
berkaitan dengan issu inkulturasi dan lain sebagainya
(termasuk kesalah di Indonesia karena dia pemimpin
tertinggi). (Tolong baca baik-baik dokument Consili
Vatikan I dan juga dokumnet konsili vatikan ke II)soal
sikap Gereka terhadap dunia yang disebut "Gaudium Et
Spes".
Anda mesti tahu juga soal jasa Gereja Katolik di
Indonesia terhadap kaum China, lihat sikap Gereja
Katolik di seluruh Indonesia, jangan hanya melihat
dijawa dan atau meihat dari sikap dan tindakan orang
tertentu lalu membuat generalisasi untuk semua Gereja
Katolik, sikap dan tindakn ini sungguh konyol dan tak
cerdas. Biasanya orang dewasa (dalam iman dan ilmu,
sikap dan tingkat laku) melihat sesuai secara
keseluruhan artinya ada positive (These), Negative
(Antithese) dan pembauran dari keduanya yang disebut
Sinthese (kesimpulan). Saya sungguh kasihan kalau anda
hanya melihat Negative saja lalu menarik kseimpulan
sebesar kepalamu yang kosong itu.
Anda tanya soal identitas saya? Mestinya anda yang
terlebih dahulu memperkenalkan diri, karena ada yang
memulai mengatai orang katolik. Anda mesti
memperkenalkan secara jelas agar orang tahu siapa anda
yang suka berbicara keras dan kosong disini.
Catatan untuk anda: Pertama:Tolong bedakan Katolik dan
Kristen secara jelas, dari segi moral, hukum,
struktur, teologi dan lain-lain. Kedua: Berbicara
secara elegan: dari segi akademis anda mesti memajukan
These, Antithese dan Sinthese, sehingga debat kita ada
nilai positive untuk banyak orang dalam group ini.
Ketika: Saya sudah 8 tahun di luar negri, dan sudah 7
tahun di Taiwan, paling tidak saya juga tahu soal
taoism, budhism, counfucius. Jadi, kalau anda mau
debat ilmiah, tentu saya senang sekali. Salam
akademica dari Plato buat,anda atau salam dari Xun
zhi, si tukang keritik confucius soal humanism yang in
se adalah bonum.
Saya tungguh idea-idea briliant anda diforum ini,
mungkin juga anda bisa mengajar saya untuk berdebat
dalam bahasa Inggris, jangan cemas, saya anak kecil
dan mau belajar banyak hal dari anda.
See you