-----Original Message-----
From: budaya_tionghua@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of indarto tan
Sent: Tuesday, March 11, 2008 7:50 AM
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: China Aid laporkan Penindasan yg
dialami penganut Kristen ==> Usaha Promosi

Rekan-rekan semua dan rekan Punama yang baik :

Kekhawatiran anda dalam arah millist yang sering melenceng dari diskusi
B_T ini bisa kita memaklumi. Tetapi, apa daya, 30 tahun sudah B_T
dibelenggu, sekarang ini sudah terlalu banyak orang tidak paham inti B_T
lagi ! Syukurlah masih ada orang yang mau membuat millist B_T kita ini.
Kita boleh berbesar hati. Bila ada geser kanan geser kiri asal tidak
gebablasan ya Ok sajalah !

Posting berjudul "China Aid laporkan Penindasan yg dialami penganut
Kristen " sebetulnya hanya ingin menyampaikan pesan seperti ini :
"China adalah negara pelanggar HAM yang tidak menjamin kebebasan
beragama! "
Pesan yang terselubung adalah :
"China adalah negara pelanggar HAM yang tidak layak menyelenggarakan
pesta Olimpiade 2008 !"

ahkir-ahkir ini, suara-suara sumbang terhadap Olimpiade yang
diselenggarakan oleh China bermunculan. Sumbernya jelas dari dunia
Barat, terutama Amerika !

Mengapa bisa muncul "Koor basar anti China" ?

Sebab China bangkit dengan potensi Hard-power maupun soft-powernya yang
sangat mengejutkan dalam sekala maupun kecepatannya ! Kebangkitan ini,
sebisa mungkin harus direm !

Kekuatan ekonomi dengan cadanagan devisa 1,4 trilyun $ itu, berkemampuan
menstabilkan berbagai guncangan ekonomi skala dunia. Lagi pula,
pertumbuhan ekonomi 8~9 pertahun itu rupanya akan berjalan terus dalam
jangka panjang.

Dengan kemampuan menembak satelit, diam-diam Tiongkok telah siap untuk
"star war".
Kapal selam nuklir tipe 09X yang mampu meyelam sedalam 600 meter dibawah
permukaan laut dan membawa 12 buah rudal nuklir itu, menjamin
keberhasilan "second attack" oleh Tiongkok bila Amerika melakukan "first
attack" nuklir terhadap Tiongkok. Kapal selam jenis itu, sampai
sekarang, sulit dideteksi dari arah manapun.(Kapal selam konvensional
hanya mampu menyelam sedalam 300~350 meter dibawah laut.)

Sistem politik single partai yang tidak menganut Trias-politika itu juga
bikin gerah Barat yang menganut sistem "Demokrasi dan Kebebasan". Gerah
oleh karena sistem yang dipakai Tiongkok yang ternyata bisa membuat
negaranya stabil dan makmur itu salah-salah bisa menular kedunia ketiga.
Kelompok "Aliran Mao" di Nepal telah berhasil merubah konstitusi negara.
Ahmadinejad merasa mendapat angin untuk say no kepada Barat. Juga
"Kowboy-kowboy" Amerika latin yang semakin banyak jumlahnya itu semakin
membangkang terhadap kebijaksanaan Paman Sam !

Koor anti China penyanyinya banyak, anggota FLG yang selalu anti PKC;
penyebar berita "China pelanggar HAM"; Richard Gere, Mia Farrow ditambah
Steven Spielberg yang menolak menjadi wakil sutradara pembukaan
Olimpiade Beijing adalah anggota-anggotanya.
Lucunya,Koor anti China ini suaranya semakin sumbang dan aneh, masak
soal Darfor di Sudan dikaitkan dengan pemerintah China menyelenggarakan
Olimpiade. Sama anehnya bila kita mengaitkan tentara Inggris yang berada
di Afghanistab dan Irak dengan penyelenggaraan Olimpiade 2012 nanti
London.

Demikianlah, dunia akan berputar terus, Tiongkok dengan budayanya yang
telah berusia 5000 tahun akan terus menyumbangkan sesuatu yang beda yang
diyakini akan merubah dunia ini semakin makmur dan harmonis.

"Kita akan beda", ini kata Obama. Semoga "beda" menjadi semakin baik,
jangan "beda" membuat "gebuk" semakin besar untuk sang Polisi Dunia !

Dengan semakin memahami B_T, koor anti China akan semakin meredup, hidup
kita di Indonesia juga akan semakin baik. Sekian !

Salam dari Indarto Tan

Purnama Sucipto Gunawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Sebenarnya, Saya merasa Trhead Postingan ini kembali menuju upaya atau
usaha untuk mengubah suatu milis yang tadinya bahas budaya tionghoa,
setelah aman dan tentram beberapa saat tapi muncul lagi kasus seperti
ini, dan cukup menggangu saya, karena ada usaha masuk via japri saya
akan promisi suatu agama atau milis secara tidak sehat.

Saya cukup gerah akan tindakan ini. Saya rasa itu adalah hak pribadi
seseorang mau beragama apa saja selama ia tidak melakukan perbuatan
buruk sesuai agamanya. Menurut Pandangan saya sendiri setelah melihat
beberapa postingan ini. Adanya upaya kelompok -kelompok milis Debat
Agama. Hendak menyerang Milis agama, Budaya dan khususnya Via japri
kepada anggota aktif .

Sikap fanatisme tidak baik dilakukan. Apalagi saya lihat postingan ini
seperti ada upaya dari milis tetangga sebelah promosi suatu yang saya
rasa tidak masuk diakal sehat.

Terima kasih

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, greysia susilo junus
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak Jonathan,
>
> Pertama, saya akui statement anda cukup tepat bahwa pada dasarnya
agama yang satu menganggap agama lain tidak betul. tapi jangan
menyamakan dengan statement dibawah ini " bahwa pada dasarnya umat
beragama yang satu menganggap umat beragama lain ...... "

> bagi saya pribadi umat beragama dan agama adalah entitas yang
berbeda. agama tidak bisa berpikir, manusia sebagai bagian dari umat
beragama bisa.
> jadi tidak tepat juga jika penyebaran agama satu dengan agama lain
harus dalam bentuk menghina. pemikiran seperti itu terlalu sempit
untuk orang modern macam sekarang. okelah, kalau kita bicara sejarah
agama.... tapi jika berbicara tentang manusia dan umat beragama yang
masih hidup dan bernapas sekarang, sudah seharusnya kita telah
berkembang sampai pada pemikiran bahwa:
> 1. kita punya kebebasan beragama, termasuk didalamnya kebebasan
berpindah agama atas kemauan masing masing, bukan dipaksakan.
> 2. semua agama pada tingkat paling dasar mengajarkan sesuatu hal
yang baik.
> 3. menghina, menyerang agama lain atau umat beragama lain adalah
perbuatan yang rendah dan tidak manusiawi
> 4. penyebaran agama tidak melulu harus berarti penghinaan terhadap
agama lain
> 5. jika ada yang salah terhadap tindakan atau konsep suatu agama,
itu semua dikarenakan MANUSIA, bukan agamanya yang salah. semua itu
adalah kesalahan manusia.... hanya manusialah yang bisa dan mampu
mendistorsi konsep dan penerapan beragama hingga tingkat ekstrim. jadi
bukan agamanya yang salah.
> 6. orang yang mendistorsi konsep agamanya untuk kepentingan
penyebaran agama tidak akan pernah menemui keberhasilan yang sempurna
- dan biasanya sukses hanya dalam jangka pendek sebelum belangnya
ketahuan dan meredup popularitasnya.

> saya seorang buddhis yang berada di negara asal islam, saudi arabia.
sebelum sampai ke negeri ini semua mua orang menakut nakuti saya
tentang rasisme, tentang kemungkinan saya berpindah agama (karena
terpaksa ato kondisi ato apalah....). tapi saya merasa asyik asyik
saja tuh. no problemo. jika kita tidak menganggap itu suatu masalah,
hal itu tidak akan pernah menjadi masalah.
> jika memang suatu saat saya berpindah menjadi islam misalnya, saya
bisa yakinkan pada semua orang itu terjadi bukan karena paksaan.
> sekitar 5 tahun yang lalu pun saya "dipaksa" pindah ke agama kristen
oleh induk semang saya ketika saya kost. argumen saya hanya satu saat
itu - jika saya pindah ke agama kristen dan setiap hari minggu saya ke
gereja, sedangkan setiap hari lain saya mengunjungi klenteng karena
saya sedang melakukan penelitian akademis tentang interior klenteng -
bolehkah di agama ibu?
> it is just a test for her.... she failed. dia bilang tidak bisa. so,
dia hanya narrow minded person. jika yang approach saya pada saat itu
adalah seorang yang berpengalaman dan berpengetahuan luas, tentu dia
jawab bisa. karena saya tau jawaban yang benar adalah bisa. agama
tidak dapat disatukan dengan kegiatan ilmiah. keduanya berada di
wilayah yang berbeda.

> so, the point is - siapa dulu yang menyebarkan agama. jika dia punya
argumentasi yang baik, logis, masuk akal.... siapapun juga cepat atau
lambat akan percaya. apalagi kalau kelakuan pribadinya menunjang. tapi
jika menyebarkan agama adalah target mingguan, suatu pergulatan batin
yang membuat susah baik diri sendiri maupun orang lain, dan memakai
segala macam cara untuk sukses.... it will definitely failed at the end.

Checked by AVG Free Edition.
3/5/2008 6:38 PM

Checked by AVG Free Edition.
3/5/2008 6:38 PM