Sebagian besar orang Jawa tidak tahu arti dari namaku, padahal namaku
berasal dari Bahasa Jawa, Jawa kuno lebih tepatnya. Bahasa Jawa yang
digunakan orang-orang Jawa zaman sekarang, berbeda dengan bahasa Jawa yang
digunakan di masa Majapahit.

Bahasa itu tidak statis. Perlu diingat, bahkan bila seandainya orang Cina
yang menyebarkan Islam di Indonesia bukan berarti mereka menggunakan bahasa
Cina karena bahasa Melayu berangsur2 sudah terbentuk sebelum Islam datang ke
Indonesia. Sama halnya orang-orang dari Hadramaut banyak yang ke Nusantara
tetapi sebagian besar orang Jawa juga sampai sekarang tidak bisa berbahasa
Arab. Yang ada, sebagian kata-kata Arab diserap ke Bahasa Melayu dan Jawa,
menggantikan Kawi.

Bahasa Cina yang diserap jadi bahasa Melayu cukup banyak. Budayanya cukup
banyak. Saya yakin orang2 di milis ini bisa menyebut banyak pengaruh budaya
tionghua di nusantara.

Buat orang Jawa sendiri, mereka gak keberatan kalau ada yang mengatakan
Pangeran Jimbun (Raden Fatah) itu keturunan Cina malah bisa dibilang itu
sudah jadi rahasia umum.

--
help thy brother, just or unjust

Kirim email ke