Dr. Tony S. yang budiman,

Trimakasih atas tulisan anda yang membangun.
Memang seperti kita berdua pernah berdiskusi bahwa kita berharap agar etnis
Tionghoa bisa merasakan dirinya sebagai bagian integral rakyat dan bangsa
Indonesia, dan memberikan kontribusinya.
Maka artikel-artikel saya sebisanya menuju kesana. Memberikan kepercayaan
pada mereka atas kemampuannya, seperti yang pernah dikerjakan oleh leluhur
kita: memberikan kontribusi pada negara yang telah mengadoptir kita.
Dalam bab ini saya menulis romantik dari kultur Hua Yi, kekayaannya juga
segi-segi negatifnya, karena berkat adanya guru-guru berupa THHK, Baperki,
HCTNH, Chung Hua Chung Hui, Chung Hua Hwee, PTI, perkumpulan sport, musik
dan koran-koran merobah, dan membangun kembali semangat mereka dengan
mendidik moral yang baik. Dalam hal ini jangan dilupakan para ilmuwan kita
seperti Mr. Yap Thiam Hien, Mr. Lie Eng Hok, Gouw Giok Siong, prof. Oei Hway
Kiem guru besar fysiologi dan biokimia Airlangga, Dr. Pouw Tek Hie ahli
bedah dosen Airlangga dan ahli-ahli kedokteran lainya. Tetapi ini saya tulis
dalam bab yang lain. Kalau anda atau teman-teman milis yang lain yang bisa
membantu nama-nama Huayi yang telah memberikan kontribusi saya sangat
bertrimakasih atas bantuannya tidak buat saya, tetapi juga buat generasi
muda Hua Ren. Saya juga sudah mengarang panjang dalam ukuran saya ttg.
riwayat orang Tionghoa Tempo Doeloe, tetapi karena sudah diterbitkannya buku
dari teman kita Sdr. Benny, yang begitu komplit dan berkwalitas, maka saya
simpen (bukan otobiografi saya) artikel tsb..
Memang karangan saya ini juga saya kirim ke milis Ureca.
Trimakasih atas dorongan anda, kalau nanti kita bertemu akan saya usahakan
membicarakan dengan anda membuka pintu kerja sama Trisakti dengan
universitas di Hokkian.

Trimakasih atas dorongan anda ini,

Sampai berjuma lagi,

HS. Han

Re: [budaya_tionghua] Re:Kehidupan luks dan dekadensi Tempo Doeloe (satu
bagian dari otobiografi saya) bersambug

Ts Dr. Han Yth;
Ada baiknya tulisan ini juga dikirim ke URECA - sebab ada baiknya dibaca
oleh kelompok yang lain .  Apalagi kalau mau dijadikan OtoBiografi yang
lebih detail. Tentunya akan jadi Wacana kelompok muda agar tau Masyarakat
Pertengahan sejak dulu BERJUANG dengan TEKUN dan SERIOUS untuk mendapatkan
TEMPAT/ KEDUDUKAN yang lebih tehormat.
Mereka harus tahu SULITnya bersaing ! dan perjuangan sampai Dr.. Han
berhasil !Hal unu tidak diperoleh dalam satu dua tahun !!
Bagaimana anda harus ikut pindah2 sampai akhirnya terdampar di Holland - dan
dapat berbuat positif untuk Holland maupun Tiongkok.
INI yang HRUS ditiru oleh yang lain !!
Sampai jumpa;
Tony S