Pak Chan,

Yang saya dengar, sindhunata sempat berobat ke RRT sebelum meninggal, hal
yang memang bila benar, sungguh membuat saya heran, kenapa tidak memilih
Eropa or Amerika?

Tentang tulisan anda:
Dia lupa begitu konsep Asimilasi diambil oper oleh pemerintah yang berkuasa
dan menjadi ketentuan, tidak bisa tidak mengandung paksaan untuk terlaksana.

Menurut saya, justru itulah tujuannya, agar diambil oper oleh pemerintah,
sehingga memiliki kekuatan hukum untuk dilaksanakan.

Kegagalan konsep Asimilasi telah dibayar dengan harga yang sangat mahal
dengan jatuhnya begitu banyak korban jiwa dari etnis Tionghoa dalam
kerusuhan Mei 98, menyisakan trauma yang mendalambagi korban.
Sementara keluarga pencetus konsep itu, tidak tersentuh oleh kerusuhan
tersebut (ataukah saya salah???).

Untunglah, Sindhunata bisa melihat akibat dari program asimilasi tersebut
sebelum meninggal...
Setiap manusia yang meninggal, akan mempertanggungjawabkan perbuatannya ke
hadiratNya...

Dan anda Pak Chan, yang merupakan keturunan langsung dari seorang tokoh
besar yang pernah dimiliki oleh bangsa ini, tapi bisa mempunyai sikap yang
begitu rendah hati, sungguh membuat saya kagum.
Beberapa kali , bila ada waktu, saya sering membaca tulisan anda, dan
tulisan anda sungguh menunjukkan kebesaran hati anda. Terimalah salam hormat
saya.

Bila suatu saat saya ada kesempatan berkunjung ke Hongkong, semoga Pak Chan
tidak keberatan untuk bertemu saya dan memberi petunjuk bagi saya dalam
hidup ini.