gini bang dari jaman doeloe itu yg disebut agama itu pake kata jiao.
Artinya ya ajaran bisa or agama jg bisa.

Nah sekarang kita liat sebutan2nya yg pake buntut jiao, kayak Ru
jiao=agama Khc, Dao jiao= agama Tao, Jing jiao= agama Kristen
Nestorian, Moni jiao= agama Mani, Fo jiao= agama Buddha, Hui jiao/yi
she lan jiao= agama Islam.
Nah itu kalu jiao yg ajaran gw artiin agama khan bisa. Ajaran jg bisa
khan. Nah yg nurut konteksnya jiao itu sbenernya berkaitan ama
moralitas ama tata krama. Kadang penggunaan bhs mandarin mesti diliat
kondisinya, misalnya kalu gw bilang si A mei you jia jiao yg artinya
si A itu gak ada ajaran tata krama/sopan santun yg diajarin
dikeluarga. Khan lucu kalu dipaksain itu kata jiao = filsafat or agama.

Selain ada sebutan jiao jg ada sebutan jia, nah banyak org yg sebut Ru
jia, Dao jia , Bing jia , Nong jia seolah2 itu adalah aliran filsafat
doang, tapi lupa kali ada yg disebut Fo jia-filsafat Buddhisme. Nah
kalu kata "filsafat" itu dipake, artinya Buddhisme tuh bukan agama
tapi filsafat khan ?
Maksud kata jia bisa diartikan filsafat yg lebih menyentuh kearah
kehidupan manusia, interaksi dgn alam dsbnya tanpa ada tata cara
ritual segala macem. So kalu jia itu lebih kearah kontemplasi or
perenungan makna2nya en gak ada ritualnya. Lebih kearah bagaimana
membentuk manusia yg lebih afdol or jg lingkungan yg lebih afdol dan
ada pembahasan metaphysic biar gak semua aliran jia ngebahas itu.

Kalu jiao so pasti ada ritualnya. Dan ritualnya sebenernya terkait
sama 3 kejadian besar manusia, lahir, menikah dan mati.
Selain itu jg ada ritual yg berkaitan dgn bencana manusia dan alam
khan, boleh itu pake istilah doa kek pasang hio kek or bakar hu kek.
Juga interaksi manusia sama "kekuatan" yg walahualam jg penghormatan
kdp yg ngkale lebih tinggi dari kite2 ini.

Belakangan waktu abad ke 18 baru ada sebutan yg bener2 ngebedain AGAMA
nurut konsep samawi hehehehehehehehe
Ampe katanya Liang Qichao mau bikin agama KHC ala Samawi tuh.

Di Hongkong, Qingsong daoguan didiriin Daojiao shenxue soalne nurut
mereka kagak ada theology Taojiao. Nah loe gimana tuh yg belajar
daojiao shenxue debat ame yg belajar daojia diabad 21 ini ?
Bisa gak nyambung ntar soalne yg ngerasa dirinya daojia abad 21 ini
patokannya paling 3 buku doang kayak DDJ, Zhuang Zi, Huainan Zi.
Gimana kalu yg jebolan Daojiao shenxue bahas Taishang Laojun Kai Tian
jing ? Khan seru ngotot2an hehehehehehehehe

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> Coba kong ardian pake bahasa tertulis yg agak mudah dicerna yah,
puyeng baca istilah aneh lo, heheheheehe

Kirim email ke