--- Pada Sel, 30/9/08, Ari Tonang <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

Dari: Ari Tonang <[EMAIL PROTECTED]>
Topik: Re: Ketidakmampuan Mandarin Bukan Ukuran ()Re: [budaya_tionghua] Fwd:
Apa kata Harry Tjan RE: [t-net] Selayang Pandang : Diskusi Tionghoa Dalam
Cengkeraman SBKRI
Kepada: budaya_tionghua@yahoogroups.com

Tanggal: Selasa, 30 September, 2008, 12:32 PM

Sebagai catatan saja, di P siantar memakai dialeknya berbeda dengan mandarin,
tapi hampir mirip dengan mandarin, dan orang Tionghua siantar menyebutnya
sebagai Mandarin Siantar. Jadi kalau orang Tionghua di siantar mampu menguasai
3 bahasa tionghua sekaligus, yaitu bahasa mandarin siantar, bahasa mandarin dan
bahasa hokkian (karena pengaruh Medan yang dekat dan dialek yang dipakai adalah
Hokkian)
Dan bahkan banyak teman saya yang Tionghua di siantar bahkan bisa bahasa batak,
dan saya termasuk sedikit dari pribumi yang mampu berbahasa mandarin dengan
baik. Karena saya sekolah di siantar sampai smp dan disekolah tionghua.

Bung John jadi caleg di PDIP yah

To: budaya_tionghua@ yahoogroups. com
Date: Sunday, September 28, 2008, 8:50 PM

    Ko John, penduduk Pematang Siantar itu jagonya bahasa mandarin apa Hokian???