-----Original Message-----
From: budaya_tionghua@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Akhmad Bukhari
Saleh
Sent: Wednesday, October 01, 2008 9:51 AM
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Subject: Pola-pikir Soeharto A'la Liu Sing Hu Tiek Chien (Re:
[budaya_tionghua] Re: VOA sudah tidak menggunakan kata Cina)

Ini pola-pikir Orba warisan Soeharto, yang sudah 10 tahun
terakhir kita sama-sama upayakan terus untuk dibasmi.
Tetapi rupanya masih ada penyandang pola pikirnya di sana-sini.
Memang tidak mudah merubah hasil indoktrinasi 30 tahun lebih.
Padahal sebelum itu, jaman Pemilu 1955 misalnya, tokoh Masyumi dan PKI
pun
secara pribadi tetap sahabat erat.. Bahkan perang saudara PRRI-Permesta
pun
diselesaikan amicably (secara pertemanan), semua di-amnesti, tidak ada
yang
dipenjarakan.

Seharto sendiri berpola-pikir, dan berpola-tindak,
machiavelistis sedemikian itu, antara lain terinspirasi oleh film
favoritnya, yang katanya sampai lebih dari 10 kali dia tonton,
yaitu "Liu Sing Hu Tiek Chien (Liu Xing Hu Die Jian)".
Ini sebuah karya Khu Lung (Gu Long), yang di-layar-perak-
kan oleh Shaw Brothers pada tahun 1976, dengan judul
bahasa Inggris "Killer Clans".
Produsen daratan Tiongkok membuat serial TV-nya di tahun
2003, dengan judul bahasa Inggris yang lebih letterlijk
(harfiah): "Meteor, Butterfly, Sword".
Buku terjemahan bahasa Indonesia-nya berjudul "Budi dan
Cinta", diterjemahkan oleh L L L, diterbitkan oleh See Yan
Tjindjin, Bandung, tahun 2005.

Wasalam.