--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "gsuryana" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> From: "danarhadi2000" <[EMAIL PROTECTED]>
> cut--->
>
>  bagaimana nasib Tan malakka? sahabat niyee?
> +++++
> Boleh tahu sedikit mengenai sosok Tan Malaka ini ?, dan bila Beliau
masih hidup usia nya kira kira berapa ?

> Yang aku dengar Beliau salah satu pemegang peranan penting di detik
detik Proklamasi.

> sur

*** Didetik proklamasi sih kayaknya malah tidak, sebab dia tak
diketahui dimana berada ketika proklamasi dibacakan ha ha ha.

Sekilas Tan Malaka:

"Siapa sebenarnya Tan Malaka? Nama lengkapnya adalah Ibrahim gelar
Datoek Tan Malaka. Tahun kelahirannya, menurut Dr Poeze, diduga 1894 di
Desa Pandan Gadang.

-------------

Di periode perang gerilya menghadapi Belanda pada belahan pertama tahun
1949 di mana hukum militer berlaku, sikap komandan setempat menghadapi
agitasi yang diorganisir oleh Tan Malaka, termasuk menyusun kekuatan
bersenjata, dan tidak mengakui lagi kepemimpinan Soekarno-Hatta ataupun
PRRI di Sumatera, sudah dapat diramalkan. Letkol Surachmad, komandan
"Wehrkreisse" di daerah tersebut mengeluarkan surat perintah rahasia
yang mencap gerakan Tan Malaka sebagai mengancam eksistensi RI. Ia lapor
kepada Kol Sungkono bahwa tindakan keras akan dilakukan terhadap Tan
Malaka dan pengikutnya.

Pada malam 21 Februari 1949, Letnan Dua Sukotjo dan anak buahnya
menangkap Tan Malaka di Desa Selongpanggung, dekat Tonggoel. Tan Malaka
dieksekusi oleh anak buahnya bernama Suradi Tekebek.

Tulisan sabam Siagian: Biografi Almarhum Tan Malaka (1894-1949)

Lengkap: http://www.mail-
archive.com/[EMAIL PROTECTED]/msg06002.html

Salam

Danardono

Kirim email ke