Uly:
Huehehehehe, ya deh gue ngerti, lu mau membelokkan masalah jati diri ke urusan
hilangnya bahasa Tionghoa gitu yah.

KH:
Coba diriviu lagi:

Lu bilang: LPKB jadi penjahat or pahlawan tergantung siapa yang nilai,
Gua bilang:
    Orang2 LPKB adalah PAHLAWAN bagi:
    - Cina yang sudah tidak ingin jadi Cina lagi
    - Pendukung konsep asimilasi (tidak mesti Cina)
    - Rezim Orba
    - Orang2 yang anti keberagaman

    tapi mereka adalah PENJAHAT bagi:
    - Tionghoa yang dipaksa meninggalkan jati dirinya
    - Pendukung konsep itegrasi
    - Pencinta kebudayaan Tionghoa (tidak harus orang Tionghoa)
    - Penganut agama Tionghoa (terutama KHC)

Terus lu bilang:
   Hmm, we'll see. Gue ini :
   - cina yang masih bangga jadi cina
   - tionghoa yang belum pernah meninggalkan jati diri, dipaksa maupun tidak
   - pendukung konsep hidup berdampingan secara damai - apa pun namanya,
     mau integrasi kek, asimilasi kek, yang penting damai
   - reformis
   - pecinta kebudayaan tionghoa
   - orang yang terbiasa dengan keragaman
   - penganut faham freethinker, tidak terikat agama manapun

Logika gua sih begini:
Kalo lu emang :
-pecinta kebudayaan tionghoa
-belum pernah meninggalkan jati diri, dipaksa atau tidak
kudunya lu gak setuju pelarangan bhs Tionghoa, gak setuju asimilasi yang
dipaksakan, dll

Terus gua kasih contoh bahwa lu gak bisa bhs Mandarin itu krn "jasa" orba (yang
didukung oleh orang2 LPKB). Tapi karena lu gak ngerasa, ya sudah.

Artinya lu memang gak bisa melihat peranan orang2 LPKB dalam membonsai budaya
Tionghoa di Indonesia. Gitu saja neng.
---------------------------------------
Uly:
Menurut gue, seandainya pun tionghoa tionghoa dibiarkan bebas dengan bahasanya
sendiri,
tidak akan berbeda banyak dengan  keadaan jaman sekarang,
malahan mungkin lebih parah.

KH:
Kalau orang Tionghoa di Indonesia dibiarkan bebas berbahasa Tionghoa, kemudian
karena kemauan sendiri meninggalkan bahasanya  -> ini urusan lain neng!
Yang penting tidak dilarang, tidak dipaksa begitu begini
Uly:
Gue perbandingkan aja dengan temen-temen gue, yang Jawa, yang Sunda,
saat ini mereka sendiri ngerasa, bahwa kemampuan mereka "berbahasa ibu" (minjem
istilah elu)
sudah sangat-sangat berkurang dibandingkan angkatan yang sebelumnya.
Padahal bokap nyokapnya masih bisa kok berbahasa jawa halus, berbahasa Sunda
lemes,
lha kok anaknya sama kayak gue - yang lu anggap 'tercabut dari akar ' gitu?
padahal nggak ada lhoh larangan berbahasa Jawa dan Sunda.

KH:
Berkurangnya kemampuan penutur bhs2 daerah terjadi di mana2, di luar pulau Jawa
malah lebih parah lagi. Tetapi, sekali lagi, mereka tidak dipaksa atau
dilarang. Ini yang penting.
Kalau orang Sunda yang tinggal di daerah Sunda, seharusnya masih bisa berbhs
Sunda. Dan mereka berbhs Sunda lebih baik daripada neng Uly berbhs Hokkian.
Orang Jawa yang tinggal di Jawa juga pasti bhs Jawanya lebih baik daripada bhs
Hokkian neng Uly.

Uly:
Begitu pun di Singapura
Nggak ada larangan berbahasa mandarin.
Tapi angkatan gue disana lebih nyaman saling bicara dengan bahasa Inggris tuh,
biarpun mandarinnya nggak sekacau gue sih.

KH:
Di Singapura ada golongan yang 'lebih modern', yang berbahasa Inggris.
Belakangan, ada gerakan bagi mereka untuk menggunakan bhs Mandarin (speak
mandarin campaign).
Gimana kalo kita kumpulin 20 orang Singapura dan 20 orang Jawa secara acak,
terus dites
kemampuan bahasa Tionghoanya (Mandarin + dialek). Menurut lu siapa yang menang?

Uly:
Coba 20 taon yang lalu, seandainya pun bahasa Mandarin di bebaskan untuk
dipelajari,
gue yakin lebih laku tempat kursus bahasa Inggris.

KH:
Bisa jadi, kalo Cina2 di sini adalah pengikut LPKB semua. Kalo perlu sekalian
buka klinik untuk ganti kulit, operasi mata, dan ganti darah, supaya ciri2
fisik sbg Cina nya habis.
Uly:
Jadi kalau nggak bisa bahasa mandarin, ya nggak perlu nuding ORBA jadi kambing
item laaaarrr.

KH:
Tergantung siapa yang menilai. Bagi pendukung LPKB, ORBA adalah pahlawan.

Lu kan suka ngutip Charles A Coppel. Ini gua kutip sedikit tulisannya dari
<Studying Ethnic Chinese in Indonesia> tulisan Charles A. Choppel:

{begin}
This ban produces the absurd result that Chinese dictionaries in Indoensia have
to be in romanized script. I still remember being bemused in Gunung Agung
bookshop in Jakarta to see, side by side, a Japanese dictionary using the
Chinese-derived kanji characters and a Chinese dictionary in romanised script.
Once again, there is a clearly discriminatory ban: there is no similar ban on
other non-romanised scripts.
{end}

KH

Apa kata Harry Tjan RE: [t-net] Selayang Pandang : Diskusi Tionghoa Dalam
Cengkeraman SBKRI
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Date: Wednesday, October 1, 2008, 4:33 PM

Huehehehehe, ya deh gue ngerti, lu mau membelokkan masalah jati diri ke urusan
hilangnya bahasa Tionghoa gitu yah.

Jadi dibiarin nge-gantung aja urusan korelasi kemampuan bahasa mandarin dan
jati diri yah?
Boleeeh, nggak masyalah buat gue mah.
Hayuk lah kita belok yah, ke masalah 'di-paksa itu'

[...]

Apakah fenomena ini karena dipaksa paksa, atau terpaksa paksa?

Gue bilang kondisinya malahan mendingan bahasa mandarin ketimbang nasib bahasa
Jawa dan Sunda,
karena banyak orang merasa 'dipaksa' tidak belajar bahasa mandarin di jaman
ORBA,
di jaman sekarang jadi pada sibuk euphoria belajar mandarin.
kebetulan RRC lagi berkembang juga perekonomiannya, jadi lebih banyak lagi yang
merasa BUTUH belajar mandarin.