Halaman 11:

Telah dikatakan bahwa Konfusianisme tidak menghiraukan beberapa dimensi
transenden. Tetapi: "Konfusius harus dinilai dalam bidang praktek moral: inilah
pokoknya yang utama. Dalam bidang ini, Konfusianisme menampilkan suatu
keberanian dalam menyesuaikan diri dengan dunia. Sehubungan dengan ini,
Chuang-Tse berkata benar untuk Konfusius, "Orang lain (para Taois) bertindak di
luar peraturan hidup. Tetapi saya, saya bekerja di dalam batas-batas peraturan
itu."

Sekarang mari kita berbicara mengenai "orang lain" itu, para Taois, dan melihat
apa yang ingin mereka capai dengan bertindak "di luar peraturan hidup".

Catatan:

Dengan kalimat di atas Tho Thi Anh mengakhiri penjelasan ringkasnya mengenai
Konfusianisme untuk beralih ke Taoisme. Sebelumnya ia mengutip kata-kata Lin
Yutang pada buku The Wisdom of Confucius bahwa Konfusianisme merupakan "Ajaran
yang memungkinkan siapa saja untuk mulai di mana saja menjadi seorang pengikut
Konfusianisme, dengan hanya mengikuti instink yang tertinggi dari kodrat
kemanusiaannya sendiri".

Hal ini barangkali juga benar untuk kebalikannya bahwa orang-orang yang
mempelajari ajaran Konfusianisme tanpa mengkuti instink tertinggi kodrat
kemanusiaannya sendiri berarti tidak benar-benar mempraktekkan ajaran agung
Konfusius tersebut.

Kirim email ke