Halaman 16:

Bersumber pada kebajikan dasar tentang "tidak mencampuri" dalam Tao-Teh-Ching,
muncul tiga kebajikan ini: lemah-lembut, rendah hati, dan menyangkal diri.

Kesan paling kuat yang saya (To Thi Anh) dapat bila saya membaca Lao- Tse ialah
adanya keramahan dan kelembutan yang menyolok. Saya kutip di sini tiga teks
dari antaranya:

Zat yang paling lembut di dunia menembusi yang paling keras.

Ketika manusia dilahirkan, ia lembut dan lemah
Waktu mati, ia menjadi keras dan kaku.
Ketika benda-benda dan tumbuhan masih hidup,
mereka begitu lembut dan gemulai,
Bila mati mereka menjadi rapuh dan kering.
Karena itu kekerasan dan kekakuan
merupakan teman kematian,
Kelembutan dan kehalusan adalah teman kehidupan.

Tidak ada benda yang lebih lemah dari air
Tetapi tak satu pun yang lebih kuat daripadanya dalam mengalahkan kekerasan
Untuk ini tidak ada yang bisa menggantikan
Bahwa kelemahan mengalahkan kekerasan
Dan kelembutan mengalahkan kekakuan
Semua orang tahu itu,
Tetapi tidak ada yang dapat melaksanakannya.

Kirim email ke