Dear All,

Secara logis, KHC bukan agama tapi lebih cenderung ke arah "Way of
Life".....Jadi Imlek bukanlah milik poros/aliran tertentu, tapi milik seluruh
Bangsa/Ras Tionghoa karena Imlek adalah Budaya (Makro) dan bukan bagian dari
agama/aliran tertentu apapun (Mikro).

Tata cara ritual dan sembahyang kepada YME berikut pernak perniknya di hari
Imlek adalah sangat wajar dan logis, mengingat pada hari itu kita sebagai
manusia diingatkan bahwa umur ekonomis kita telah berkurang 1 tahun lagi dan
masih diberi kesempatan untuk berkarya dan menikmati apa yang telah diperoleh.
Bukankah dalam agama lain juga melakukan hal yang sama? jika "Tahun Baru",
berduyun-duyun datang ke Gereja, Pura, dll untuk berdoa dan sembahyang mengucap
syukur?

Secara kebetulan, umumnya orang-orang Tionghoa menganut Tao, Budha dan KHC yang
banyak melakukan sembahyang ke YME, Dewa-Dewi dan para leluhur...sehingga
tercipta image bahwa IMLEK adalah milik TRIDHARMA..Image tersebut melekat kuat
dan bagi mereka yang berpandangan sempit dan fanatismenya tinggi kepada agama
tertentu, kerap kali mengartikan Imlek sebagai bagian dari agama! Nah
pengertian yang salah kaprah dan seenak jidat ini kerap kali diucapkan oleh
para pemuka agama yang merasa sok tahu dan sok suci dan celakanya para umat
justru menelan mentah-mentah apa yang diucapkan tanpa melakukan
penelitian/mengkritisi lebih lanjut.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan teknologi yang semakin canggih,
setiap individu yang "OPEN MIND" dan CERDAS dapat mengakses dan belajar
sekaligus meng"upgrade" diri sehingga dapat mengerti dan membedakan mana yang
BENAR dan SALAH. Budaya bukanlah bagian dari agama, tapi agama justru bagian
dari budaya. Orang-orang yang sering mencampuradukan agama dan budaya, akhirnya
menjadi sesat dan menyesatkan.....

Ekstremnya, jika ada ras Tionghoa yang tidak mengakui Imlek dengan alasan
agama/aliran yang dianut tidak mengakui Imlek, lebih baik subyek yang
bersangkutan juga tidak perlu mengakui kalau dirinya orang keturunan

Best Regards
HB