dana pemerintah terbatas jg BBM yg murah hanya salah astu komponen yg
bisa membuat rakyat bisa nafas lega.
Coba aja alihin buat dana pendidikan ama kesehatan jg jalan/transportasi.
biaya pengobatan yg murah bisa terasa buat masyrakat kelas bawah
pendidikan secara jangka panjang bisa kasih dampak positif dlm jangka
panjang
perbaikan jalan or pembuatan jalan bisa membantu ekonomi yg ujung2nya
bisa menekan biaya ekonomi, sekarang ini banyak jalan ancur2an yg
bikin kendaraan jadi lelet so itu jg pemborosan bbm.
transportasi angkutan umum yg memadai itu penting banget.

sekarang ini mayoritas dah pake kendaraan pribadi apalagi di kota2
besar kayak jakarta.
bbm murah yg ada menyebabkan polusi lebih tinggi krn kendaraan pribadi

Ada cara laen, dipatok misalnya 5000 perak or 4500 perak, kalu harga
BBM dunia naek, dari keuntungan itu yg didpt bisa dipake buat subsidi
harga bahan bakar yg misalnya harga BBM dunia naek jadi 6000/liter.

BUT ya itu ide owe, gak tau bener ape kagak soalne owe gak pinter seh

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Sunny" <am...@...> wrote:

> Bung John,
>
> Tentu bagus sekali apabila yang dimaksudkan "hasil penjualan" adalah
pendapatan dari export minyak. Tetapi, tidak baik kalau karena
keadaan pasar lantas pemerintah (Pertamina) menjual kepada kosumen
dalam negeri dengan harga tinggi dengan  maksud mempergunakan
kesempatan untuk mengeruk laba sebesar, karena  Pertamina sebagai
aktor utama  adalah perusahaan negara. Perusahaan negara sepatutnya
mempunyai tanggung jawab sosial kepada masyarakat, apalagi BBM
termasuk kebutuhan vital anggota masyarakat. Saya kira demikian
masalahnya,.

> Banyak hormat dan salam,
> Sunny

Trilliun

>         Saya tidak mengerti, apakah bagus dan diperbolehkan
pemerintah mengambil keuntungan dari menjual BBM  ???
>         Mungkin ada Rekan yang bisa memberikan pencerahan...
>         John Siswanto
>         ----------------------------------------------------
>

>         Jualan BBM, Pemerintah Untung Rp 1,3 Trilliun
>         Senin, 16 Februari 2009 | 16:53 WIB
>         JAKARTA,SENIN - Selama bulan Januari 2009 Pemerintah
Indonesia telah memperoleh pemasukan sebesar Rp 1,3 trilliun dari
hasil penjualan BBM.
>         Hal tersebut diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informasi
M.Nuh ketika di temui kantornya usai menghadap Presiden di Istana
Negara Jakarta, Senin (16/2). "'Keuntungan pemerintah dari penjualan
BBM bulan yang lalu (Januari) sebesar Rp 1,2 trilliun - Rp 1,3
trilluin," ujar Nuh.
>         Nuh mengatakan, setiap bulan Presiden bersama menteri
terkait akan membahas tarif BBM sebagai harga konsumsi di masyarakat.
Pertimbangan harga minyak dunia yang dan kurs rupiah terhadap dollar
yang masih tinggi belum mempengaruhi harga BBM naik atau turun.
>         Selain itu, postur Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN)
menjadi pertimbangan selanjutnya. Ketika harga bensin mencapai Rp 6000
per liter, subsidi ikut tinggi ditambah anggaran dari pos lain untuk
menutupinya.
>         "Ketika bensin turun, subsidi menjadi rendah dan dialihkan
ke anggaraan yang posnya telah terpakai," tambah Nuh.
>         Ujung dari pertimbangan tadi, lanjut Nuh, akan berpengaruh
terhadap sektor riil melalui pendapatan yang diperoleh melalui
transaksi BBM. Hal ini untuk menjaga keuangan pemerintah serta
memenuhi kebutuhan masyarakat umum. "Pastinya pemerintah tidak ingin
memberi harga yang tidak logis dan menghindari adanya kenaikan,"jelas Nuh.

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2009/02/16/16535010/Jualan.BBM..Pemerintah.Untung.Rp.1.3.Trilliun

>   Berselancar lebih cepat dan lebih cerdas dengan Firefox 3!

Kirim email ke