Koreksi saja,

Candi Borobudur bukan Theravada Buddhism, tetapi termasuk Mahayan Buddhism
cabang Tantrayana. Tantrayana Jawa terutama menyebut ajaran mereka sebagai
Tantrayana Kasogatan.

Menurut catatan sejarah di Singasari, buddhisme di sana banyak yang menganut
aliran pemikiran Bojana. Beda utama tantra Bojana dengan aliran lain adalah
dalam metode untuk melepaskan diri dari ketergantungan atas kenikmatan duniawi.
Cara mereka adalah jangan menghindari kenikmatan justru harus dinikmati
sepuas-puasnya sampai satu titik maka jiwa manusia akan bosan akan kenikmatan
itu dan di situlah ketergantungan atas kenikmatan duniawi akan mulai
ditinggalkan.

Karena masa candi Borobudur berabad-abad sebelum Singasari saya kurang tahu
apakah kepercayaan tantra  wangsa Syailendra juga mirip dengan tantra Bojana
jaman Singasari. Namun kita bisa lihat tingkat/bagian bawah Kamadhatu  candi
Borobudur yang memuat relief2 kenikmatan duniawi, sepertinya kurang lebih sama.

Tibetan Buddhism sendiri menurut sejarah mereka merupakan lanjutan dari
Tantrayana nusantara karena pelopor-pelopor Tibetan Buddhism banyak yang
belajar mengenai Tantra di Srivijaya dan Jawa.

Hormat saya,

Yongde