From: ardian_c <ardia...@yahoo.co.id>
Subject: [budaya_tionghua] Re: apakah budaya tionghoa identik dengan konghucu n
budhist?
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Date: Sunday, March 22, 2009, 10:48 AM

pak Andreas, dinasti Qing menganut Lamaisme itu karena faktor politiklar bukan
berarti pendukung Lamaisme.

Emang dalam sejarah dinasti Qing, itu yg namanya Buddha Mahayana Tiongkok dan
Taoisme kena represi berat dan aturan2 pengekangan.
Itu lebih kearah faktor mencegah perlawanan yg berbasis ditempat2 ibadah.

BTW ada rumours kalu para pemberontak itu masuk biara Tao maupun Buddha krn mrk
tidak perlu atau dipaksa menguncir rambutnya.

--- In budaya_tionghua@ yahoogroups. com, ANDREAS MIHARDJA <mihar...@.. .>
wrote:

> Candi Borobudur bukan budhisme dari China tetapi Theravada budhism atau
> budhism selatan little wheel budhism yg diketemukan di Srilangka, Myanmar.
> Thailand  Champa dan Indonesia - Jawa.--
> China adalah mahayana budhism - bigwheel dan yg membaur dgn daoism dan
> konfucianism menjadi uniek agama China atau tridarma. Asalnya dari King
> Ashoka the great yg menyebarnya melalui Nepal, Bhutan ke China.KuanYin adalah
> typical mixture Daoism dan budhism - Asalnya Avalokitheswara adalah laki²
> tetapi lama kelama-an anehnya menjadi wanita dan KuanYin dgn segala macem
> [...]

Kirim email ke