From: "ardian_c" <ardia...@yahoo.co.id>

Date: Sun, 22 Mar 2009 06:51:14
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: [budaya_tionghua] Re: apakah budaya tionghoa identik dengan konghucu n
budhist?

Apeq Liang U yb,

owe bukan ahlinya lar, but mo coba jawab ini pertanyaan yg bikin pusing jg
hehehehehehehe.

Sebenarnya seperti yg pernah saya bawakan dibbrp pertemuan tentang agama
Tiongkok, konsep pengertian agama itu beda2 menurut masing2 bangsa dan latar
budayanya masing2. Contohnya Ruisme atau agama KHC yg disebut bukan agama krn
berdasarkan alat ukur yg berbeda. Ironisnya pendapat KHC bukan agama jg
merasuki bbrp org Tionghoa.

Secara umum sejak perkembangan 3 agama itu , sudah ada 2 kelompok yg membedakan
yaitu jia dan jiao.Istilah Fo Jia dan Fo Jiao sdh membuat satu garis pembedaan.
Yg menjadi masalah apa yg membedakan antara JIA dan JIAO ini ??????????????????
Ini yg hampir minim dibahas, kalaupun ada mrk menariknya pada masa Chun Qiu
dimana istilah Dao Jia, Ru Jia, Fa Jia berkembang pesat.

Bagi saya istilah Jia lebih mengacu kepada hal2 yg bersifat duniawi, terlihat
dan dapat diimplementasikan segera. Karena itu para JIA pada jaman dahulu
seperti Yinyang jia, Nong jia, Bing jia, Fa Jia, Ru Jia lebih mengacu kepada
hal2 perbaikan kondisi sekitar atau jg berdebat mencari cara yg terbaik
mengatasi masalah problem2 yg ada.
Walau tidak semuanya mengarah kepada hal2 pengarahan pemecahan problem seperti
misalnya Yin Yang jia yg lebih kearah hal2 diluar cakupan manusia.

Dalam sejarah Tiongkok para Jia ini mencoba mengimplementasikan dalam menata
negera. Contoh Shang Yang, Han Fei, Li Shi yg dari aliran Fa Jia, Lu Jia dari
aliran Dao Jia.

Sejak masuknya Buddhisme jg akhirnya ada istilah Fo Jia yg mengacu kearah mana
? Ini yg perlu kita pertimbangkan jg arah mengacunya kemana. Apakah
implementasi kepada kehidupan berbangsa dan bernegara serta membangun negara ?
Menurut pandangan owe yg masih cetek, ternyata istilah Jia itu lebih mengarah
kepada filsafatnya dan tidak ada keharusan bagi mrk yg mendalami filsafatnya
itu harus menjadi seorang Buddhist.

Menilik perkembangan budaya tionghoa yg begitu panjang tentunya ada intisari yg
mendasari budaya Tionghoa itu.
Adapun hal2 yg merupakan lingkar perilaku adalah :
1.penghormatan leluhur
2.makanan
3.kekeluargaan

Hal2 yg mendasari pemikiran adalah :
1.keselarasan dan keharmonisan, yg terkadang dijewantahkan antara manusia
dengan alam sekitar, baik terlihat maupun tidak terlihat
2.setia dan berbakti, kaitannya adalah konsep kepemimpinan jaman dahulu, dimana
seorang bisa setia kepada negara karena mrk bisa berbakti kepada keluarganya.
Walau dalam banyak kasus ada benturan antara bakti dan setia kepada negara
hehehehehehhee
3.kebersamaan, pola hidup masyarakat pertanian pasti memerlukan suatu konsep
kebersamaan demi menunjang proses kehidupan mereka.

Dari bbrp point ini, itulah nantinya yg mendasari begitu banyak pernik2 dalam
budaya Tiongha dan tentunya hal itu jg akan dicerap oleh Buddhisme Tiongkok,
Taoisme dan Ruisme.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, liang u <lian...@...> wrote:

> Kalau menurut saya, judulnya tidak tepat, cuma perbedaannya memerlukan para
> ahli yang menjawab.
> Secara awam saja, Borobudur candi Buddha tapi bukan budaya Tionghoa.
> Agama Tao bukan Konghucu, tapi budaya Tionghoa.
> Tolong para ahlinya bantu menjelaskan.
> Terima kasih
> Liang U

Kirim email ke