Buku saya membicarakan tentang kerajaan2 Nusantara pasca keruntuhan Majapahit,
sehingga cakupannya tidak sampai 2.000 tahun. Mengenai penguasaan oleh India,
ini secara tersirat sudah ada di buku Vlekke. Sedangkan mengenai penguasa dari
Timur Tengah (Hadramaut) ada disinggung juga mengenai penguasa Kerajaan
Pontianak dan Kubu yang berasal dari Hadramaut, Yaman. Raja dari Kerajaan
Pontianak berasal dari keluarga Al Qadrie sedangkan raja Kubu dari keluarga Al
Idrus. Tetapi saya tidak menggunakan istilah penjajahan, karena beda dengan
pengertian kolonialisme bangsa Barat di abad ke-16. Mungkin lebih tepat
penularan agama dan budaya.
Kasusnya seperti masuknya budaya China ke Jepang dan Vietnam atau masuknya
agama Buddha ke China pada zaman Dinasti Han. Ini tidak seperti penjajahan
bangsa Barat. Jadi kita tidak mengatakan China dijajah India, atau Jepang
dijajah China.
Penularan budaya ini sangat wajar dan telah terjadi semenjak zaman purba.
Ketiga, tema ini sebenarnya berada di luar cakupan buku saya, yang mengulas
sejarah masing-masing kerajaan satu persatu. Umpamanya Kerajaan A, bagaimana
pendiriannya, perkembangan, konfliknya, sosial ekonomi, kemasyarakatan, pranata
pemerintahan, bendera, wilayahnya, dll.

Salam damai,

IT.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Anton Widjaja" <pempe...@...> wrote:

> Saudara Ivan, apakah buku saudara akan memuat informasi bahwa negeri ini
> dijaja selama 2000 tahun oleh penguasas dari India dan Timur Tengah ?
>
> Salam,
> Anton W

Kirim email ke