Salam,

Selama data-datanya ada dan berhubungan dengan kerajaan-kerajaan Nusantara
pasca keruntuhan Majapahit fakta-fakta menarik tersebut akan dimasukkan. Saya
ada sedikit bahan mengenai hal itu. Kalau Anda ada bahannya boleh dikirimkan ke
tempat saya. Nanti ongkosnya saya ganti. Memang ada beberapa syahbandar yang
keturunan Tionghua. Tentu saja saya sangat senang kalau buku kali ini bisa
menjadi sejarah yang utuh. Dengan demikian, segenap bahan dan kajian dan
sejarah ilmiah akan saya terima dengan senang hati.

IT.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ibc" <ibcin...@...> wrote:

> Pak Ivan,
>
> Apakah naskah ini juga akan bercerita mengenai pribadi-pribadi  Tionghoa
> perantau yang pernah juga merangkap jadi duta besar kepala misi kerajaan2
> Nusantara berkunjung muhibah ke daratan Tiongkok ?  tentang syahbandar
> pelabuhan2  di Nusantara oleh  pribadi Tionghoa,  tentang mualim armada
> perahu-perahu dagang  Jawa  oleh  orang Tionghoa, industry kapal kayu di
> Demak oleh etnis Tionghoa dst......  Sebelum kemudian budaya Jawa berubah
> menjadi introvert berorientasi kedalam daerah kesultanan .  Kita menjadi
> [...]

Kirim email ke