From: Tantono Subagyo
Sender: budaya_tionghua@yahoogroups.com
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
ReplyTo: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: UPACARA KEMATIAN ORANG TIONGHOA TRADISI
Sent: Aug 21, 2009 2:16 PM

  Sdri Saskia yang saya hormati, Saya kira himbauan sdri kepada orang Nasrani
di tempat ini kurang tepat karena tidak ada yang mempersoalkan budaya dari segi
Alkitab dan disini memang bukan tempatnya.  Yang ada adalah forward dari milis
lain yang menyebabkan wawasan Kristiani bahkan wawasan Ke Tuhanan dikecam dan
dilecehkan. Salam, Tan Lookay 2009/8/21 Saskia UBAIDI <popop1...@yahoo. com>
Terima kasih kepada rekan-rekan di milis re: masalah ini- akhirnya banyak
sekali informasi yang dapat saya pelajari dan cerna baik yg pro +kontra.
Walaupun demikian, tujuan kita ikutan member disini memang ingin mempelajari-
mengetahui- menambah wawasan seputar tradisi tionghoa baik jaman nenek moyang
sd issue-issue terakhir masa kini.Banyak sekali info2 yang saya dapati dengan
ikutan member ini. Anyway kalo ternyata menjadi polemik berbau keyakinan-agama,
wah sayang sekali bukan disini tempatnya. Sejarah Kebudayaan sangat menarik
untuk dipelajari dan bisa dijadikan teladan hidup banyak memberi manfaat
pembelajaran. Prosesi-prosesi seperti dalam topik ini bisa diambil hikmahnya.
Nilai2 kultural sangat tinggi. Dan berbanggalah manusia bisa mengukir sebuah
kebudayaan. Ini pun campur tangan karya Pencipta Langit dan bumi. Just keep to
yourself"jika banyak pendapat yang bersebrangan dengan keyakinan pribadi,
karena kita sedang membahas sebuah perjalanan hidup manusia dilihat dari sudut
budaya ( walau budaya juga kental dengan keyakinan dan pandangan hidup
seseorang). Mungkin saudara-saudara Nasrani bisa membatasi argumen alkitabiah
terhadap keyakinan / tradisi Tionghoa di milis ini karena pun tidak cocok
dengan pembelajaran kita di Forum Tionghoa ini. Jika kita sedang dalam dialogis
agama mencari titik temu tradisi dan agama, ya silahkan saja. ( Boleh saja kita
membuat forum milis baru seputar persoalan ini). (Anyway saya juga seorang
nasrani lho....) Salam Sejahtera selalu Saskia Ubaidi
Sent from my JaliBathi® http://aaristoteles .blogspot. com//
http://pustakaarist oteles.blogspot. com//
From: "Ning M. Widjaja" Date: Fri, 21 Aug 2009 10:48:05 +0700 To:
<budaya_tionghua@ yahoogroups. com> Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: UPACARA
KEMATIAN ORANG TIONGHOA TRADISI   Yth. Sdr Andreas, Penjelasan Saudara amat
baik dan mengena. Saya hormat atas penjelasan ini. Hormat saya, NM WIdjaja
2009/8/21 ANDREAS MIHARDJA <mihar...@pacbell. net> Saya ingin memberikan contoh
agar mereka yg menjadi kristen mengerti tradisi dan agama harus dipisahkan.
Sebelumnya agar semua tahu saya beragama catholic dan mengerti apa yg diajar
melaluiinjil tetapi saya juga mengerti apa yg dipeang oleh suku chinese sebagai
kebudayaan. Memang antara catholic dan protestant kristen ada perbedaan
pendapat mengenai menghormati yg sudah meinggal - utk yg kristen fundamental
ini adalah penyembahan berhala dan untuk yg beragama catholic ini diperbolahkan
karena ini menghormati leluhur kita yg melalui kehendak the Lord almigthy
diberikan kemungkinan utk menciptakan kita._ saya tidak ingin membicarakan
dogma agama mengenai apa yg dipegang sebagai patokan hidup oleh gereja kristen
- kelima soli mereka yg harus diterima mutlak sejak jaman Calvin dan Menon
Simons dan juga Zwingli. BT bukan tempatnya utk mendiskusi persoalan ini -
Disini kita bicarakan kebudayaan yg ada diantara suku chinese diIndonesia dan
tidak membicarakan apa yg agama kristen paksakan kepada mereka yg bukan
kristen. Didalam penghidupan dan didalam milis ini kita perlu torelansi dan
tidak perlu berkapala batu dan menentukan aliran dan ajran mereka adalah yg
nomor wahid dan yg lain adalah agama setan.   Drkarang saya ingin memberikan
penrangan mengenai kebudayaan dan agama kristen dinegara China sendiri dimana
separoh dari keluarga saya masih menetap. Kebanyakan dari mereka juga beragama
kristen sama seperti Pres. Chiang dan isterinya madame Sung. Sewaktu pres
Chiang meninggal anaknya pres Chiang ChingKuo tetap melakukan kehormatan kepada
ayahnya dgn berlutu dimuka jenazahnya . Memang mereka tidak menyiapkan sesajen
etc - tetapi bunga dan tulisan caligraphy tetap dipergunakan utk menghiasi meja
"altarnya [yes altarnya] Didalam ceremony kematiannya memang segala pernak
pernik yg dipergunaka oleh agama Dao tidak dipergunakan lagi - tetapi tradisi
bahwa berlutut dan berdiri disamping jenazahnya sewaktu tamu datang selalu
dilakukan. Para tamu semua - agama apapun yg mereka pegang tetap manggut 90
degrees dimuka altar Pres Chiang sr.  Bedanya hanya no food dimeja tetapi
sisanya 100% menurut tradisi China.  ----- perhatikan ini adalah upacara utk
presiden negara yg 100% beragama kristen.   Jenazah pres. Chiang tidak dikubur
tetapi disimpan didalam mausoleum --- kenapa ?? Oleh karena keluarga ingin
bahwa jenazah ini nanti dikubur ditempat keluarga Chiang diChina Chechiang
Hsikow. Nah pertanyaan kalian sekarang kenapa tidak dikubur diTaiwan sebab dia
kristen dan jenazahnya tidak perlu lagi dihormati sebab dia sudah mati. ----
Disinilah letaknya perbedaan antara agama dan kebudayaan. Kebudayaan china
demikian kuatnya sampai seorang kristen seperti Pres Chian
Sent from my JaliBathi®
http://aaristoteles.blogspot.com//
http://pustakaaristoteles.blogspot.com//

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.