From: "Akhmad Bukhari Saleh" <absa...@indo.net.id>

Date: Sat, 22 Aug 2009 02:16:15
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: UPACARA KEMATIAN ORANG TIONGHOA TRADISI

----- Original Message -----
From: agoeng_...@yahoo.com
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Saturday, August 22, 2009 12:27 AM

> Emang salah?

-------------------------------

Iya, memang salah!
Mem-posting-kan sesuatu di milis budaya tionghoa ini, kalau ada kaitannya
dengan perihal agama dan/atau politik, sudah terbukti selama bertahun-tahun
usia milis yang saya ikuti sejak awalnya ini, adalah salah! Salah besar!!

Karena hanya akan menyulut perang agama dan/atau politik yang sudah terbukti
tidak pernah bisa selesai, tidak ada ujungnya, tidak ada yang benar atau salah,
tidak ada yang menang atau kalah, tidak ada manfaatnya bagi budaya tionghoa,
dan tidak satu kali pun bisa jeda kecuali setelah di-stop oleh moderator.

Dan yang mengirim postingan begitu juga sudah terbukti orangnya itu-itu saja.
Orang yang ilmu agama dan/atau ilmu politiknya tidak cukup untuk berani
berdebat agama dan/atau politik di milis-milis yang khusus untuk itu (yang
sebetulnya jumlahnya ada banyak sekali). Orang yang tetapinya tidak bisa
menahan diri untuk berdebat agama dan/atau politik, sehingga akhirnya beronani
debat agama dan/atau politik di milis ini.

Orang-orang ini selalu pura-puranya mau diskusi budaya, tetapi nyatanya
menitipkan issue agama dan/atau politik. Padahal orang-orang itu sudah tahu
betul bahwa di milis ini sudah terbukti belum pernah satu kali pun sejak awal
milis ini sampai sekarang ada diskusi yang bisa selesai dengan baik-baik, kalau
ada muatan agama dan/atau politiknya, meskipun muatan agama dan/atau politik
itu dikemas dalam issue budaya tionghoa.

Untuk kesekian puluh kalinya saya kemukakan sebaiknya tidak mempostingkan issue
yang menyangkut agama dan/atau politik di milis budaya tionghoa, meskipun
dengan pelabi budaya sebagai bungkusannya.

Wasalam.