He he masalah tatjie ini memang rada rada susah,
setahu saya memang itu panggilan untuk perempuan saja tanpa memandang urutan
kelahiran yang bersangkutan, jadi kalau ada perempuan datang ke toko kami
misalnya akan kami sapa dengan : Tatjie mau cari apa ?
kalau dengan logat surabaya malang lebih berat lagi karena tetjie itu udah jadi
tajiek, menggunakan k di belakangnya.
tetapi di dalam beberapa keluarga, mereka menggunakan urutan meskipun tidak
selalu menggunakan angka seperti istilah toatjie, djietjie dstnya, tetapi
istilahnya menurut kami di campur dengan bahasa melayu atau jawa yaitu sbb :
untuk yang paling  besar di beri kada "de" dari kata gede ( besar ) jadi kalau
panggil kakak yang paling besar yah TjiekDe, atau KoDe, kalau yang paling
bungsu di panggil dengan TjiekLik atau KohLik ( dari kata tjilik artinya kecil
), untuk yang di tengah tengah di panggil dengan TjiekNgah atau Koh Ngah.
Sebutan ini kalau di dengar oleh pihak luar maka yang bersangkutan tetap akan
di panggil dengan sebutan itu. jadi bila si TjiekDe tersebut ke toko saya dan
saya tahu kebiasaan dia dipanggil TjiekDe maka saya juga akan memanggil
demikian : TjiekDe cari apa ?
memang sebutan ini sudah mulai luntur dan hilang perlahan lahan karena arus
jaman yah
Belum lagi ada istilah Yok, ada yang di panggil YokDe atau dipanggil YokLik.
apa pula itu yah ??

salam

christian
--- On Thu, 10/8/09, hoedjin_tjamboek_berdoeri