Wah... langsoeng dari orang Malang, trima kasih tuan
Betoel apa yg tuan katakan tida djaoeh berbeda kalo kita pernah batja2
Pewarta Soerabaia, Sin Tit Po, tentoenja Soeara Publik disitoe sanget
djelas gaja bertjerita dari beberapa tjerita bersambung koran2 tsb, +
ada satoe rubrik (Pridato Hari Saptoe dan Tjorat tjaret hari saptoe)
bahken kata Yok, kalo di Betawie di katakan Ijok= Anak Kesajangan

Tapi tida pantes kita sapa Tatji pada wanita Tionghoa yg sanget moeda,
kemaren saja sempet ke Bangkalan dan Soemenep.... wah loemajang
tertjengang Tatji2 di sana meski berbahasa melajoe tapi ajoenan
soearanya ada di sepanjang Kamal hingga Kalianget

Tuan asien Malang=== salam kenal yah, senang bisa toeker pikiran sama
jij, omong poenja omong di Malangnya di mana?.... saja ada di Djember
Soal Istilah Tatji yg sanget roemit ini kalo boleh taoe kapan itoe kata
boleh disandang oleh wanita Tionghoa minimal di kota anda :) + apa masih
ada yg sapa kata Hoedjin di kota Malang?

Hoedjin Tjamboek Berdoeri

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, asien malang <asienmal...@...>
wrote:

> He he masalah tatjie ini memang rada rada susah,
> setahu saya memang itu panggilan untuk perempuan saja tanpa memandang
urutan kelahiran yang bersangkutan, jadi kalau ada perempuan datang ke
toko kami misalnya akan kami sapa dengan : Tatjie mau cari apa ?
> kalau dengan logat surabaya malang lebih berat lagi karena tetjie itu
udah jadi tajiek, menggunakan k di belakangnya.
> tetapi di dalam beberapa keluarga, mereka menggunakan urutan meskipun
tidak selalu menggunakan angka seperti istilah toatjie, djietjie dstnya,
tetapi istilahnya menurut kami di campur dengan bahasa melayu atau jawa
yaitu sbb : untuk yang paling  besar di beri kada "de" dari kata gede (
besar ) jadi kalau panggil kakak yang paling besar yah TjiekDe, atau
KoDe, kalau yang paling bungsu di panggil dengan TjiekLik atau KohLik (
dari kata tjilik artinya kecil ), untuk yang di tengah tengah di panggil
dengan TjiekNgah atau Koh Ngah. Sebutan ini kalau di dengar oleh pihak
luar maka yang bersangkutan tetap akan di panggil dengan sebutan itu.
jadi bila si TjiekDe tersebut ke toko saya dan saya tahu kebiasaan dia
dipanggil TjiekDe maka saya juga akan memanggil demikian : TjiekDe cari
apa ?
> memang sebutan ini sudah mulai luntur dan hilang perlahan lahan karena
arus jaman yah
> Belum lagi ada istilah Yok, ada yang di panggil YokDe atau dipanggil
YokLik. apa pula itu yah ??