From: ardian_c <ardia...@yahoo.co.id>
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Thu, December 3, 2009 12:44:34 PM
Subject: [budaya_tionghua] Re: OOT: Fakta cicit Kaisar Guang Xu di Jakarta

Apeq, yg saya tau itu org2 Man yg marga aixinjueluo rata2 pake marga Jin
soalnya arti kata aixin jueluo jg emas getu dan jg itu dah jadi aturan kerajaan
dinasti qing kalu raja2 mrk pake marga han itu marga jin kecuali ngkale
qianlong or kangxi owe lupa.

Nah abis revolusi xinhai, org2 man kena sasaran terus, kerja susah, diembat
disana sini, jadi mrk banyak yg ganti marga, marga jin, wang dan zhao.
Khusus yg marga aixin ini lebih banyak yg pake marga jin é‡` ama zhao 肇 nah
katanya yg zhao ini tulisannya mirip ama tulisan org man.
Ada jg yg pake marga 黄 kuning soalnya, huang taiji itu pemimpin panji kuning
utama 正黄旗.

Yg laennya ada yg pake Luo, Xin, Ai dsbny.

Ya mbuh dah soal bener apa kagaknya itu cerita keturunan Guangxu, soalnya yg
saya tahu itu Guangxu gak ada keturunan alias diperkirain mandul or dibikin
mandul ama Cixi pake obat.

--- In budaya_tionghua@ yahoogroups. com, liang u <lian...@... > wrote:

>    Pernah saya baca dan lihat potretnya tentang Aixinjioro Pujie, adiknya
> the last emperor Aixinjioro Puyi.
> a Puyi. Ia pakai pakaian kerajaan. Hanya lupa di kota mana juga lupa nama
> Han-nya apa?
>     Adopsi nama Han oleh etnis Mancu maupun etinis Xianbei zaman dulu,
> adalah inisiatif pribadi jadi bukan melalui undang-undang. Makanya setiap
> orang memilih sendiri sne (marga) Han-nya masing-masing jadi tidak seragam.
> Mirip kita di Indonesia, Wjijaya lazimnya sne Ui (Oey), tapi saya menemukan
> juga Wijaya yang asalnya Tan.
>     Salam
> [...]

Kirim email ke