Chen Gui Xin memang kasar. Tapi beri dia masukan. Lagi pula, kenapa anda harus
bilang dia adalah anak muda? Apakah maksudnya supaya terjadi penundukan hirarki
usia? Kalau begitu, atur saja agar setiap anggota milis menyebut usianya,
menyebut urutan generasinya, dan menyebut gelar kepangkatannya. Agar jelas
hubungan antar pribadi di sini.

Sebenarnya yang saya soroti adalah pernyataan anda sendiri, apakah anda tahu
bahwa kami, kalangan Rujia dan Daojia memang sudah lama berdebat? Budaya
Tionghoanya adalah yang kami kembangkan dalam perdebatan itu. Kalangan Rujia
menyerap juga kosmologi Tao. Kalangan Tao juga mengakui sistem dunia Rujia.
Mengapa harus dikontraskan dengan budaya Tionghoa? Kami juga berdebat dengan
kalangan Fojiao yang misalnya membawa relik dan mewartakan karma. Tapi kami pun
menerima sejumlah konsep baik dari Fojiao bahwasanya hari akhir kehidupan bisa
berbuah. Fojiao pun mau tidak mau mengakui sistem kami yang sudah berjalan
lebih lama dan memakainya. Kalangan Daojia sendiri juga saling berbeda pendapat
di internalnya mengenai dua aliran besar dan ratusan cabangnya. Yang satu
menjadi sufi, yang lain menjadi alkemis, yang lainnya lagi menjadi pengusir
setan. Itu realita Dao bahkan saling tuding mengenai kondisi supranaturalitas.
Di Ru sendiri, ada pembelahan besar antara aliran Jia dan Jiao. Saling tuding
soal metafisisnya alam semesta juga menjadi bahan panas. Belum lagi melihat
sifat Zhongyong, ada perdebatan dominannya sisi konservatif-progresif,
individu-sosial, dan sebagainya. Itu juga budaya Tionghoa. Ada tafsir Hokkian,
Hakka, Tiociu, Yinghua, Hokcia, Hokciu, dan sebagainya atas berbagai ritual,
nilai dasar dan sebagainya. Belum lagi ketika ada perbedaan lokasi rantau.

Meski demikian, apakah mereka semua gila perpecahan? Bagaikan pasir di pantai
terbuka yang luas? Sikap saya sih jelas, budaya Tionghoa itu adalah budaya
keragaman para pasir yang disatukan oleh rekatan yang longgar, tapi tetap
berada dalam alur pantai yang sama. Kalau mau mengutip Xiangtu Zhongguo dari
Fei Xiaotong, budaya Tionghoa adalah bagaikan kumpulan partikel air yang diikat
oleh medan magnetik di antara mereka. Air bisa bertumbukan, tapi mereka tidak
ingin terpecah. Riak budaya mereka adalah gelombang interaksi di antara mereka.
Kalau ada saling bertudingan, jelaskanlah secara budaya Tionghoa. Sejarah
panjangnya menjadi cermin koq. Apa yang terjadi di masa kini hanyalah bagian
dari interaksi yang sudah terjadi di masa lalu. Makanya pengetahuan sejarah
menjadi penting untuk mencapai kebijaksanaan, bagi pihak manapun.

Sejarah budaya Tionghoa adalah cermin untuk menilai. Rujia menuding Daojia itu
banyak tahayul? Itu biasa, dan tetap budaya Tionghoa. Rujiao menuding Taojiao
itu banyak tahayul? Itu baru luar biasa, karena dalam Rujiao sendiri juga
banyak yang dituding kalangan Rujia sebagai tahayul. Taojia menuding Rujia itu
sering tidak selaras dengan kehendak alam? Itu biasa, dan masih bagian budaya
Tionghoa. Kalangan Tao alkemis menuding kalangan Rujia itu tidak selaras dengan
alam? Itu baru luar biasa karena dalam Tao alkemis ini, mereka juga hendak
menemukan pil keabadian usia yang melawan prinsip alam.

Tapi kalau Rujia, Rujiao, Daojiao dan Taojia dituding mau menundukkan alam? Itu
baru luar biasa, karena pada prinsipnya mereka bersama-sama justru hendak
menjaga alam dari keserakahan, materialisme ekonomi dan penghisapan manusia.

Untuk apa kehidupan ini? Itulah yang dicari budaya Tionghoa selama ini dalam
interaksi pasang dan surut di antara Ru, Dao dan Fo(Mahayana)serta aagama
rakyat yang selama ini mengharmonis menjadi "standar" budaya. Bahwa ada
interaksi antara air 'budaya Tionghoa' dengan partikel asing yang kemudian
larut di dalamnya adalah kenyataan juga. Kadang di satu bagian partikel asing
itu tidak larut, atau sangat pekat sehingga memberi warna kepada airnya. Kadang
di perairan luas, sebagian airnya menguap dan hilang lepas dari saudara
partikel airnya. Itulah budaya Tionghoa. kadang partikel airnya berkohesi dan
melekat pada benda asing atau beraksi kimia sehingga tidak lagi menjadi
partikel air.

Tapi bagaimanapun, saya berkeyakinan, dengan begitu banyaknya partikel air yang
saling berinteraksi, tetap ada sebuah nilai dassar yang diyakini bersama, yang
dikenali sebagai ciri air laut "budaya Tionghoa". Konstruksi aturan bumi yang
dipimpin oleh Rujia, konstruksi aturan kosmik yang ditata secara Daojia, dan
pedoman di luar hidup yang ditawarkan oleh Fojiao. dan mereka semua masih terus
berkelindan dan berinteraksi dalam harmoni hidup.

Manusia di empat penjuru lautan adalah bersaudara.

Suma Mihardja