Salam,

Trima kasihatas tanggapannya, minta maaf kalau saya terjebak kedlm ego ke iman
an saya.

Karena topik pelecehan budaya oleh pendeta kristen , dan saya kebetulan pecinta
seni dan budaya , mungkin saya lebih kuat dlm hal pengetahuan seni , karena
saya berkecimpung dlm bidang itu dari awal thn 80 sampai sekarang. Makanya saya
menyinggung tg hal , misalnya " artefak2 tribal dari suku batak , dayak dll.
yang memang pd faktanya ada tersimpan dng baikdi museum2 negara tertentu ,
lengkap tg data2 dan pengertian artefak itu, sesuai originalitas pengertian
dari suku2 tsb
,
Dan saya berkesimpulan , ktk membaca literatur2 tsb. betapa barat sangat
mengagumi atau terperangah dng kebudayaan tsb, bukan hanya dr sisi artistik ,
tapi pemahaman2, simbolik yg terkandung didalam nya. Karena ada member yg
menulis tg penghancuran budaya atau pelecehan budaya , saya mencoba membagi
sekelumit tg pengetahuan saya yg terbatas , tak ada penghancuran budaya. Tapi
mungkin saya lupa ya, member2 sedang membahas penghancuran budaya , pelecehan
budaya "bukan" dlm bentuk fisik artefak atau benda... Maaf ya, kebetulan saya
seorang pecinta seni , meskipun wujud artefak itu dianggap setan atau di arti
kan sbg setan. Maaf saya hanyut dlm pemikiran sndiri , karena member sedang
membahas pelecehan budaya atau ritual tionghoa dan merembet ke invasi barat ke
tiongkok. ( saya malah berbicara dlm kontek di indonesia ).

Tapi saya hrs mengkounter balik pernyataan anda bhw saya seakan akan ingin meng
kristen kan tionghoa....ah..ah..Dan tentu saja saya ber hak menyatakan uneg2
saya , atau katakanlah ke mazgulan hati saya , ktk ke iman an saya juga di
lecehkan ..Memang betul apa yg dikatakan sdr agung...yg mengaku dirinya kristen
tentu akan merasakan perasaan yg sama ktk ke iman an nya di tertawakan...

Tapi kt manusia sudah ditakdirkan mempunyai sikap defensif..ah..ah..biarpun
tahu salah , tapi tetap dableg....

Sekali lagi saya berterima kasih kpd siapapun juga , trhdp teman2 di milist ini
yang sudah membuka wawasan BT , memberikan sumbangsih baik pemikiran2 dll, untk
kemajuan kebudayaan tionghoa. Saya bangga , bhw saya mempunyai akar jati diri
tionghoa..

Salam...

 beng mazmuri.

note : kalimat saya "tak ada penghancuran budaya" , adalah pernyataan saya sbg
pecinta seni , karena artefak2 apapun , dari negara manapun, kt bisa
mendapatkan nya dlm Art Market , atau kt bisa melihat di museum2. Tentu ada
penghancuran yg dilakukan oleh kelompok2 tertentu., bangsa tertentu...dan saya
tak mengharapkan itu terjadi, saya ikut berduka...

Kirim email ke