Ah!  bangsa ini ternyata sukanya replika dan miniatur, sukanya arsitektur ala
theme park, tapi malah tak mau disuguhi bangunan kuno yang asli!

Se-hebat2nya repilika, tetap tak dapat menggantikan nilai sejarah bangunan asli.

________________________________
From: Kawaii_no_Shogetsu <fenghuan...@hotmail.com>
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Thu, January 28, 2010 8:53:00 PM
Subject: [budaya_tionghua] Re: AYO SUMBANG ANJUNGAN BUDAYA TIONGHOA

Kalau begitu usul saja, bangun replika bangunan Kongkoan/Gongguan sebagai
bangunan induknya.

Bagaimana?

--- In budaya_tionghua@ yahoogroups. com, "dkhkwa" <dkh...@...> wrote:

> [...]
> bagaimana “ramainya” dimuat di koran-koran (baca a.l. berita-berita di Kompas
> dan Warta Kota) mengenai kasus pembongkaran bangunan samping dan belakang
> (side and back buildings) bekas Gedung Kediaman Mayor Tionghoa Batavia Khouw
> Kim An, yang kemudian dijadikan gedung perkumpulan (clubgebouw) Sin Ming Hui
> (selanjutnya menjadi Candra Naya), disamping juga pernah menampung korban
> Kerusuhan Tangerang 1946, di Jl. Gajah Mada 188. Apalagi saat itu pak Tedy
> Yusuf selaku ketua salah satu PSMTI ternyata bukannya
 melindungi, sebagaimana diharapkan, sebaliknya malah turut mendukung
pembongkaran. Dengan kapasitas beliau sebagai ketua umum PSMTI waktu, tentunya
beliau punya pengaruh di kalangan Tionghoa untuk menyelamatkan Sin Ming Hui
dari kehancuran. Meski ada suara-suara protes dari pihak pecinta heritage,
namun tetap hal itu tidak mampu membuat yang bersangkutan bergeming.

> [...]
> building" yang kecil kecil (sumbangan beragam komunitas Tionghoa)
> mengelilingi main building yg belum dibangun.  Seperti yang dikatakan oleh
> ketua umum PSMTI, pak Rachmat, semua itu terbentur biaya. Agak miris juga
> kalau di kalangan warga Tionghoa banyak yg jadi konglomerat, malah
> anjungannya "melarat"  Oleh karena itu saya kepikiran untuk membantu
> pembangunan anjungan Tionghoa tersebut melalui dompet pedulli "Anjungan
> Budaya Tionghoa Indonesia" yang akan dimuat daftar penyumbangnya di majalah
> POST Media.  Untuk dompet peduli, saya dan pak Tedy Yusuf sudah buka account
 Mandiri.No. rekening 125-00-0997473- 4 an Tedy Yusuf & Tjandra Ghozalli.
Diharapkan para member millis ini bersedia membantu pembangunan anjungan kita
itu.  Perlu diketahui bahwa anjungan tersebut bukan milik PSMTI tetapi milik
warga Tionghoa yg diserahkan oleh pak Harto (alm) kepada pak Tedy Yusuf.
RGDS.Tjandra G

Kirim email ke