Quoting Dipo <dipod...@yahoo.com>:

> Ada satu pertanyaan lagi. Apakah semua "lubang vertikal" untuk jalur
>  ventilasi dapat dikategorikan sebagai tian jing ? Karena saya
> menemui ada 2 macam.
>
> #1 terbuka penuh sehingga air hujan dapat masuk. Dan dibawahnya ada
> "courtyard" lengkap denan saluran pembuangan air hujan.
>
> #2 diatasnya ditutupi dengan genting kaca. Di sebuah ruko tua di
> Malaka ada yang berukuran 1x2 m, letaknya di pojok gedung. Di sebuah
>  rumah di Ps Lama Tangerang ukurannya hampir sebesar ruangan
> bawahnya. Untuk jenis #2 bagian bawahnya macam2, bisa dapur, bisa
> [...]

Mas Dipo,

Dalam kenyataannya di lapangan memang banyak sekali variasinya. Di
daerah Pecinan SEmarang sekitar kelenteng Tay Kak Sie banyak sekali
"sumur langit" tersebut ditutupi oleh material yang transparan (tembus
pandang) untuk menahan air hujan masuk ke bawahnya.JUga karena fungsi
dibawahnya sudah berubah untuk ruang beraktivitas.Demekian juga di
Surabaya,di perumahan kapasan dalam belakang kelenteng Boen Bio dan
Ruko di jl.Teh,Kopi,Gula,Karet banyak sekali perubahan-perubahan yang
dilakukan.Ada yang dimatikan semuanya karena untuk lantai tambahan dan
ada juga yang ditutupi material tembus pandang dan udara masih tetap
bisa mengelir keluar masuk tetapi air hujan tidak masuk.
Ini sekedar berbagi pengalaman di lapangan.

salam

loek's

Kirim email ke