Wah, gimana dong ya Om jadinya kalau improvement Internet Indonesia
memasukan hirarki kepemimpinan tradisional :-). Sedangkan istilah
tekniknya aja masih sulit dipahami (oleh anak anak) karena masih memakai
bahasa Inggris.

Saya hawatir, pas ada tamu dari APNIC atau ICANN atau dari Insitutsi
Internet asing ke Indonesia, akan kebingungan.... pasalnya contact person
yg mudah dimengerti mereka kok sulit yah, karena disini memakai hirarki
kepemimpinan tradisional.......apakah hal ini perlu diusulkan menjadi
sebuah RFC seperti ramenya bahasa nasional cina, jepang, arab yg
didiskusikan supaya bisa masuk kedalam url.

Sebut saja konvensi hirarki tradisinoal Indonesia sudah diterima menjadi
RFC setelah melalui diskusi dan rapat yg lama di luar negeri, akan tetapi
itu tentunya hanya akan diketahui oleh para pelaku IT saja, sedangkan
pelaku dibidang lain seperti imigrasi mungkin belum kenal.

Sehingga pada suatu hari bisa saja ada seorang petugas imigrasi di
bandara, kebingungan karena seorang tamu asing yg datang ke Indonesia akan
mengunjungi seorang prabu atau seorang bapak raja atau seorang Yang
Dipertuan Agong Internet Indonesia dari lembaga Galura. Kata Galura sudah
masuk RFC, padahal Galura yg dikenal umum adalah nama koran di berbahasa
Sunda di Bandung. Untungnya petugas bandara itu bisa berbahasa Sunda,
ketika ditanya "Bade kamana" (mau kemana) tamu asing itu hanya diam seribu
bahasa, lagian kartu namanya atau print out dari web sitenya lupa tidak
dia bawa.

Maka petugas imigrasi itu akan melakukan tindakan......dalam hatinya
daripada "gue pusing" lebih baik ni orang dimasukin daftar teroris
internasional aja, lumayan dapat sekian miliar dolar dari US :-).

Salam,
Marno

Kirim email ke