From: cyber-gki@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf
Of Joas Adiprasetya
Sent: Friday, June 24, 2005 12:28 PM
To: cyber-gki@yahoogroups.com
Subject: Re: [cyber-gki] Re: Anakku nggak jenius (d/h: Buku Sejarah
Kurikulum 2004 Tidak Lagi Memuat PKI

saya cukup beruntung karena sementara studi di amrik, anak saya, lito, bisa
menikmati pendidikan dasar di newton (yg konon terbaik di massachusetts,
sehingga kami rela pindah ke daerah ini sekalipun lebih mahal dan lebih
jauh).

hari ini mereka mengadakan pesta, nonton sambil bawa makanan kesukaan
mereka, pakai piyama dan membawa sleeping bed. sebelum pesta orangtua
diundang datang. si anak selama 30 menit harus menjelaskan progressfolio
selama setahun kepada ortu mereka. setiap pr dan pekerjaan di sekolah
dikompilasi dan dibundel menjadi satu berdasarkan mata pelajaran: reading,
writing, math, science dan social studies (yg pasti tidak ada kreasionisme).

di bundel yg sama ada koleksi belasan poem hasil karya anak kami (yg minggu
lalu dipresentasikan di depan para ortu juga). bendelnya sendiri dihiasi
dengan gambar favorit masing-masing anak. lito menggambar pokemon charizard.

di bagian belakang bundel disertakan self-assessment dan personal
reflection.

yg menarik setiap anak third-grader punya k-buddy (teman dari kindergarten)
yg setiap minggu punya jatah satu jam untuk belajar. anak saya menjadi
mentornya, membantu si k-buddy untuk membaca, menulis, dll.

yg menarik, setiap hari homework anak kami selalu terdiri dari math, yg
terdiri atas tugas wajib dan math challenge yg optional sifatnya tapi lebih
bersifat praktis; juga tugas membaca wajib selama minimal 30 menit setiap
hari.

tidak ada nilai dengan angka di rapornya. yg ada huruf (proficient, need
improvement, dan warning). tidak ada ranking. yg ada prosentase prestasi
seluruh kelas dibandingkan sekolah2 di distrik yg sama, kota yang sama dan
state.

sekolah terasa sangat-sangat tidak membebani, fun dan challenging. domain
kognitif, afektif dan psikomotoris terasa berimbang. kreativitas amat
ditekankan. relasi sekolah dengan ortu juga baik. setiap akhir pekan si anak

harus membuat surat kepada ortu, yg isinya kegiatan selama seminggu, kesan
dan apapun yg mau dia sampaikan. di awal pekan berikutnya giliran ortu yg
harus membalas surat si anak. lalu guru memberi komentar. di samping itu
beberapa proyek bersama anak-ortu juga diberikan (membuat brosur pariwisata,

proyek sains, dll).

anak saya sama sekali tidak jenius. tapi tampaknya sistem pendidikan yg
diterimanya dirancang secara jenius.

joas