ja:
> anak saya sama sekali tidak jenius. tapi tampaknya sistem pendidikan
> yg diterimanya dirancang secara jenius.

istilah jenius mungkin sudah mulai bergeser belakangan ini.

koran mulai senang menyebut anak-anak berbakat. ada sekolah
dng kelas anak berbakat.

"jenius di sekolah" dan "jenius di masyarakat" tampaknya juga
memiliki perbedaan yg amat signifikan.

di masyarakat, orang selalu dikaitkan dengan posisi, peran
dan kontribusi apa yg dia mainkan dalam kehidupan masyarakat.

dan sejak pandangan kecerdasan Emotional mulai meluas dan diterima
sbg 'hukum baru' menggantikan pandangan yg terlalu mendewakan IQ.
kecerdasan atau bakat yg istimewa lebih merupakan persoalan jika
dalam prakteknya ia adalah mahkluk terasing dari komunitasnya.

dalam "the new rules", john p kotter meniliti perjalanan karir
115 lulusan MBA Harvard angkatan 74, penelitian th 73-95.
penemuan itu seolah menegaskan pandangan EI, bahwa keberhasilan
di sekolah tidak selalu identikan keberhasilan di masyarakat.

kotter meneliti perubahan pada jaman tsb (pasca krisis 73)
dan bagaimana para lulusan harvard tsb beradaptasi dengan perubahan
jaman. mereka yg survive -tidak terlalu mengejutkan- adalah mereka
yg akhirnya dapat berselancar diatas ombak besar perubahan.

jadi rupanya ada ilmu hidup itu, yg tersendiri lepas kaitan dari
matematika, ips, ipa, dan segala yg bisa diukur disekolah.

non schola sed vite discimus
belajar bukan utk sekolah, tetapi utk hidup...

salam

HBM